ANALISIS PERILAKU PROSOSIAL MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM PUTRI AISYAH KECAMATAN SUNGAI GELAM

Adinda Sari, Rizty (2022) ANALISIS PERILAKU PROSOSIAL MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM PUTRI AISYAH KECAMATAN SUNGAI GELAM. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (720kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (83kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (369kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (786kB)
[img] Text
Skripsi RIZTY ADINDA SARI-A1F115033-FULL 01.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Sari, Rizty Adinda. 2022. “Analisis Prilaku Prososial Melalui Metode Pembelajaran Bermain Peran Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Islam Putri Aisyah Kecamatan Sungai Gelam.” Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Dr. Indryani, S.Pd., M.Pd. I (2) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd Kata Kunci: Prilaku Prososial, Metode Pembelajaran Bermain Peran Berdasarkan pengamatan peneliti pada tanggal 20 februari 2022 mengangkat permasalahan yang terjadi di TK Islam Putri Aisyah Kecamatan Sungai Gelam, dari 16 anak masih terdapat 12 anak yang belum terlihat memiliki perilaku prososial yang berinisial AD,AG,AL,BA,BN,BH,FI,JS,KN,GE,SI,SD yaitu ketika proses pembelajaran berlangsung tidak mau bertanya, dalam kegiatannya anak tidak bersikap kooperatif dalam proses pembelajaran, anak dari tidak mau berbagi mainan yang membuat teman sebayanya menangis, tidak menunjukkan sikap toleransi, dan tidak mengekspresikan emosi sesuai dengan kondisi yang ada. Jika anak yang memiliki perilaku prososial yang baik anak tersebut menunjukkan sikap toleran dengan setiap teman mainnya, misalnya akan akan berbagi dengan teman mainnya, melakukan kegiatan sesuai arahan secara kooperatif dengan teman-temanyaserta menggunakan cara yang diterima secara sosial dalam menyelesaikan masalah. Perilaku prososial yang dimiliki anak masih kurang dan perlu diperbaiki dan ditingkatkan lagi agar tujuan dari pembelajaran tercapai dan hasih pembelajara meningkat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Perilaku Prososial Melalui Metode Pembelajaran Bermain Peran Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Islam Putri Aisyah Kecamatan Sungai Gelam. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah anak di TK Putri Aisyah Kecamatan Sungai Gelam yaitu kelas A berjumlah 9 anak dan Kelas B berjumlah 16 anak. Sampel dalam penelitian ini yaitu anak kelas B di TK Putri Aisyah yang terdaftar pada tahun pelajaran 2021/2022 berjumlah 16 anak secara random sampeling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik presentase. Berdasarkan hasil dan pengolahan data, Analisis Prilaku Prososial Melalui Metode Pembelajaran Bermain Peran Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Islam Putri Aisyah Kecamatan Sungai Gelam secara umum berada dalam tingkatan “Tinggi”. Hal tersebut terbukti dari hasil rata-rata bobot yang telah diperoleh yaitu sebesar 85%. Kesimpulan penelitian ini yaitu Analisis Prilaku Prososial Melalui Metode Pembelajaran Bermain Peran Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Islam Putri Aisyah Kecamatan Sungai Gelam secara umum berada dalam tingkatan “Tinggi”.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Prilaku Prososial, Metode Pembelajaran Bermain Peran
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: SARI
Date Deposited: 22 Jul 2022 04:43
Last Modified: 22 Jul 2022 04:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/38059

Actions (login required)

View Item View Item