., Syakina (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Dwibahasa [Indonesia-Inggris] Berbasis Problem Based Learning (PBL) dI Kelas X SMA pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (514kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (261kB) |
Abstract
Perubahan dalam sistem pembelajaran dikarenakan pandemi Covid-19 sangat berdampak pada hasil belajar siswa, dimana banyak siswa yang kesulitan memahami pembelajaran yang dilakukan secara online serta penggunaan model pembelajaran oleh guru yang masih konvensional juga mempersulit siswa dalam memahami pembelajaran. Oleh karena itu pemanfaatan teknologi dan penggunaan model pembelajaran terkini sangat diperlukan dalam pembelajaran. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD dan mendeskripsikan kualitas LKPD yang lebih interaktif untuk siswa dapat berpartisipasi dalam pembelajarannya dan menggunakan dua bahasa sebagai peningkatan kemampuan berbahasa siswa serta erbasiskan model pembelajaran terkini yaitu Problem Based Learning pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) di kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang dikembangkan oleh Branch (2009) meliputi 5 tahapan, yaitu: Analyze (analisis), Design (media), Development (pengembangan), Implementation (implementadi) dan Evaluation (evaluasi). Model ADDIE terdiri atas 5 komponen yang saling berkaitan dan terstruktur secara sistematis yang artinya dari tahapan pertama sampai tahapan akhir dalam pengaplikasiannya harus secara sistematik dan setiap tahapannya terdapat evaluasi untuk direvisi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kota Jambi pada kelas X MIPA 5. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli desain, lembar validasi ahli bahasa, angket respon guru, angket praktikalitas siswa, angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Penelitian ini menghasilkan LKPD yang dinilai dari 3 kriteria yatiu valid, praktis dan efektif. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) persentase kevalidan LKPD dari ahli materi sebesar 80% (valid), dari ahli desain sebesar 70% (valid), dan dari ahli bahasa sebesar 96% (sangat valid); 2) persentase kepraktisan LKPD oleh pendidik sebesar 80% (praktis) dan persentasi kepraktisan oleh siswa sebesar 87,7% (sangat praktis); 3) persentase keefektifan LKPD dari angket respon siswa sebesar 81,37% (sangat efektif) dan persentase keefektifan dari ketuntasan tes hasil belajar sebesar 79,31% (efek
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, Interaktif, Dwibahasa, Problem Based Learning (PBL), Sistem Persamaan Tiga Variabel (SPLTV). |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SYAKINA |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 06:54 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 06:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/38096 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |