pelaksaan perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna fasilitas wisata air di kota jambi

Laditania, Dinda Auna (2022) pelaksaan perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna fasilitas wisata air di kota jambi. S1 thesis, Ilmu Hukum.

[img] Text
CamScanner 07-22-2022 13.59.pdf

Download (662kB)
[img] Text
abstrak 2.pdf

Download (176kB)
[img] Text
cover 3.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Skripsi Dindaaa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (601kB)
[img] Text
bab 4.pdf

Download (177kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (547kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalilis bentuk tanggung jawab pelaku usaha wisata air di Kota Jambi, terkait keamanan dan kenyamanan konsumen, Untuk mengetahui dan menganalisis hak-hak konsumen dalam memanfaatkan fasilitas wisata air yang disediakan di Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode Yuridis Empiris dengan menggunakan pendekatan Perundang-Undangan, Pendekatan Konseptual, dan Pendekatan Kasus. Sumber data diperoleh dari pengematan langsung dan wancara. Sumber Hukum dalam penelitian ini adalah Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan dan Peraturan Daerah Kota Jambi Nomor 15 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaran Kepariwisataan. Teori yang digunakan, 1) Teori Perjanjian 2) Teori Perlindungan Hukum 3) Teori Tanggung Jawab. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaku usaha belum optimal bertanggung jawab terkait penyediaan fasilitas wisata air di Kota Jambi sesuai dengan perundangan yang berlaku. Hak-hak konsumen terkait keamanan dan keselamatan dalam mengkomsumsi barang jasa, hak atas informasi yang benar, jelas dan jujur, khususnya penggunaan fasilitas wisata air belum terlaksana dengan baik. Penelitian ini menyarankan pada konsumen untuk memahami dan memperhatikan informasi terkait kelengkapan-kelengkapan fasilitas wisata di Kota Jambi, Konsumen pandai memilih fasilitas yang aman agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Saran bagi pemerintah dan pengelola wisata di Kota Jambi untuk memberikan edukasi bagi konsumen terkait penggunaan dan pemanfaatan fasilitas wisata air di Kota Jambi, melengkapi terlebih dahulu fasilitas wisata yang mendukung keamanan, kenyaman sebelum memakai fasilitas, dan pemerintah mengadakan pengawasan terkait pengelolaan wisata air di Kota Jambi. Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Fasilitas Wisata Air, Perlindungan Hukum

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: LADITANIA
Date Deposited: 22 Jul 2022 08:04
Last Modified: 22 Jul 2022 08:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/38117

Actions (login required)

View Item View Item