IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI SMPN 5 MUARA BUNGO KABUPATEN BUNGO

Hanisa, Putri (2022) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI SMPN 5 MUARA BUNGO KABUPATEN BUNGO. S1 thesis, administrasi pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (199kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (23kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (125kB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (14kB)
[img] Text
daftar rujukan.pdf

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMPN 5 Muara Bungo Kabupaten Bungo dan kendala selama pelaksanaan sistem zonasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deksriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala sekolah, Operator Sekolah, Orang Tua Murid, dan Murid SMPN 5 Muara Bungo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan Triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kebijakan sistem zonasi pada penerimaan peserta didik baru di SMPN 5 Muara bungo dapat dikatakan terlaksana dengan baik sesuai dengan menerapkan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021, yakni secara nondiskriminatif; objektif; transparan; akuntabel; dan berkeadilan. (2) Kendala dalam pelaksanaan sistem zonasi dapat ditemukan bahwa orang tua susah untuk memahami mekanisme PPDB Online, Kekurangan siswa, dan Penentuan zona yang kurang tepat. (3) Upaya sekolah dalam menghadapi kendala yang ada yakni melakukan pelaporan kepada Dinas pendidikan terkait sesuai dengan mekanisme yang ada. Berdasarkan temuan yang telah disebutkan diatas, maka Sekolah dapat meningkatkan pelayanan dalam pemberian informasi serta sosialisasi terkait pelaksanaan penerimaan peserta didik baru secara online agar dapat dilakukan secara mandiri oleh orang tua murid. Selanjutnya, dinas pendidikan terkait lebih memperhatikan jumlah ketersediaan peserta didik disetiap zona agar dapat terjadi pemerataan peserta didik dan tidak adanya kekurangan rombongan belajar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: H
Date Deposited: 25 Jul 2022 03:04
Last Modified: 25 Jul 2022 03:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/38128

Actions (login required)

View Item View Item