FAJRI, WILDAN Perbedaaan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa yang Mengikuti Model Pembelajaran Make a Match dan Pembelajaran Langsung Pada Materi Bentuk Aljabar. JURNAL PENDIDIKAN. (Unpublished)
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf Download (239kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya indikasi kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang relatif rendah. Rendahnya pemahaman konsep siswa tersebut disebabkan karena kegiatan guru dalam proses pembelajaran masih sangat mendominasi sehingga menyebabkan kurang aktifnya siswa selama berlangsungnya proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan untuk memperbaiki keadaan tersebut adalah dengan mengubah proses pembelajaran yang lebih menekankan pada proses pemahaman siswa antara lain model pembelajaran Make a Match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaaan kemampuan pemahaman konsep siswa yang mengikuti model pembelajaran Make a Match dan pembelajaran langsung pada materi bentuk aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 7 Muaro Jambi tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang diteliti sebanyak 65 siswa yang terdiri dari 32 siswa kelas eksperimen dan 33 siswa kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling random sederhana (simple random sampling). Metode pengumpulan data menggunakan soal tes berbentuk uraian dan lembar observasi. Analisis data untuk mengetahui perbedaan rata-rata digunakan uji t dengan kriteria pengujian dua pihak. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai t hitung (th) = 5,3268, sedangkan nilai t tabel (ttab) untuk tingkat kepercayaan 95% adalah 1,980. Karena t hitung > t tabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dari pengamatan lembar observasi keterlaksanaan pembelajran diketahui bahwa nilai kinerja aktivitas guru dan siswa pada model pembelajaran Make a Match memperoleh rata-rata nilai aktivitas yang lebih baik baik daripada nilai aktivitas pada model pembelajaran langsung, artinya guru sudah menjalankan proses pembelajaran secara optimal dengan menggunakan model Make a Match. Berdasarkan hasil yang diperoleh penelitian menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan tentang kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran make a match pada materi bentuk aljabar di kelas VII SMP Negeri 7 Muaro Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | WILDAN FAJRI SOIM |
Date Deposited: | 21 Mar 2018 06:36 |
Last Modified: | 21 Mar 2018 06:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3815 |
Actions (login required)
View Item |