MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE BLENDED LEARNING PADA MATERI PROSES MASUK DAN BERKEMBANGNYA AGAMA ISLAM DI INDONESIA KELAS X MIPA 6 SMA N 1 KOTA JAMBI

MELISA, REFIKA TRI (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE BLENDED LEARNING PADA MATERI PROSES MASUK DAN BERKEMBANGNYA AGAMA ISLAM DI INDONESIA KELAS X MIPA 6 SMA N 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Refika-SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
cover skripsi yudisium.pdf

Download (64kB)
[img] Text
hal pengesahan refika.pdf

Download (181kB)
[img] Text
Bab 1 Skripsi.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB V-Skripsi-Refika.pdf

Download (154kB)
[img] Text
Daftar Pustaka-Refika.pdf

Download (263kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Kota Jambi. Penelitian ini dilaksanakan karena peneliti melihat hasil belajar siswa rendah, terlihat dari hasil ulangan harian lebih dari setengah siswa di kelas X MIPA 6 mendapatkan nilai di bawah KKM. Oleh karena ini peneliti ingin melakukan penelitian dengan menggunakan metode Blended Learning. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan serta menggambarkan indicator peningkatan dari keberhasilan setiap siklus dan pembelajaran melalui metode Blended Learning, serta untuk mengetahui bagaimana implementasi metode Blended Learning dapat meningkatkan Hasil Belajar.Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA 6 SMA N 1 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, kuantitatif dan dokumentasi. Berdasarkan Hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas X MIPA 6 SMA N 1 Kota Jambi yang menggunakan metode Blended Learning yaitu pada siklus I 61,11 % pada siklus II meningkat menjadi 66,67% dan meningkat pada siklus III menjadi 86,11%.Dari hasil penelitian ini disarankan guru dalam menentukan desain pembelajaran khususnya pada pembelajaran Sejarah serta mampu meningkatkan hasil belajar sejarah. Bagi Siswa, Hasil penelitian ini juga dimaksud untuk memotivasi siswa dalam memahami konsep belajar Sejarah.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Siswa, Blended Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Melisa
Date Deposited: 03 Aug 2022 06:59
Last Modified: 03 Aug 2022 06:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/38202

Actions (login required)

View Item View Item