Upaya Guru Pembimbing Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten

Puspita, Maza Upaya Guru Pembimbing Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten. BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UNJA. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH mz.pdf

Download (563kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Upaya Guru Pembimbing Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten. Oleh : Maza Puspita Nim : ERA1D012070 Pembimbing I : Drs. Joni Afri, M.Pd Pembimbing II : Drs. Nelyahardi Gutji, M.Pd Berdasarkan fenomena dilapangan yang terjadi pada siswa SMPN 11 Kota Jambi terutama pada kelas VIII B yaitu terkait dengan permasalahan belajar. Sebagian besar siswa kelas VIII B kurang adanya minat dalam hal belajar, yang ditandai dengan pada saat berlangsungnya proses belajar mengajar masih banyak siswa yang susah untuk cepat memulai pelajaran, siswa yang malas dalam mengerjakan tugas rumah yang diberikan oleh guru, tingkat kosentrasinya yang rendah, berbicara dengan teman sebangku saat guru menjelaskan materi, dan pada saat ada guru yang tidak bisa hadir siswa lebih memilih untuk berkeliaran diluar kelas, padahal ada tugas yang ditinggalkan dari guru yang tidak bisa hadir. Model pembelajaran kooperatif teknik bertukar pasangan menitik beratkan pada kerjasama antara anggota kelompok. Dalam kegiatan kelompok, siswa dapat mengajar sesama siswa lainnya, bahkan ini lebih efektif daripada pengajaran oleh guru, dengan demikian siswa akan termotivasi untuk belajar lebih giat yang akan berdampak pada hasil belajar siswa yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui layanan penguasaan konten dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Bertukar Pasangan Kelas VIII SMPN 11 Kota Jambi. Sebelum melakukan pengumpulan data, siswa diberikan angket terlebuh dahulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Layanan (PTL). Agar penelitian ini berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya, maka tahapan-tahapan yang akan dilalui adalah perencanaan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif teknik bertukar pasangan dapat meningkatkan hasil minat belajar siswa kelas VIII SMPN 11 Kota Jambi. Pada sebelum tindakan siswa memiliki minat belajar rendah dengan persentase 41,33%, sedangkan pada siklus I (pertemuan 1 dan 2) dengan penerapan model pembelajaran kooperatif teknik bertukar pasangan adalah 41,77%. Sedangkan pada siklus II minat belajar anak tergolong tinggi yaitu berada pada 70,72%, dan pada Siklus III adalah 94,07% termasuk tinggi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MAZA PUSPITA
Date Deposited: 23 Mar 2018 02:11
Last Modified: 23 Mar 2018 02:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3825

Actions (login required)

View Item View Item