AMALIYA, DETA (2022) PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN LENGKAP.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN FULL.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Deta Amaliya. 2022. Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Negeri 2 Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Administrasi Pendidikan, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing I: Prof. Dr. H. Ekawarna, M.Psi, Pembimbing II: Ferdiaz Saudagar, S.Pd., M.Pd Kata kunci: Reward, Punishmenti, Motivasi Belajar. Dalam pendidikan saat ini, seringkali mendapatkan kesulitan dalam proses belajar mengajar. Misalnya, merasa bosan ketika pembelajaran berlangsung karena tidak ada yang membuat semangat dan penghargaan (reward) dalam pembelajaran tersebut. hal ini menyebabkan kurang aktifnya siswa dalam kegiatan pembelajaran, apalagi dalam pelajaran yang dianggapnya sulit. Dalam masalah hukuman (punishment) ketika siswa melanggar peraturan yang telah ditetapkan oleh guru, banyak dari guru memberikan ancaman atau tekanan sebagai bentuk hukuman dengan maksud untuk perbaikan dan pembinaan tingkah laku anak didik, justru membawa dampak negatif bagi anak. Hal yg demikian, berarti guru tidak berhasil dalam memberikan motivasi yang tepat untuk mendorong agar siswa belajar dengan segenap tenaga dan pikirannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara reward dan punushment terhadap motivasi belajar siswa di smk negeri 2 kota jambi. Dan seberapa besar pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran yang berjumlah 70 siswa. Teknik pengambilan menggunakan sampel jenuh. Pengumoulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner (angket). Dari hasil yang sudah di uji maka terdapat pengaruh yang signifikan antara signifikan reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa di SMK Negeri 2 Kota Jambi. Dibuktikan dengan nilai F sebesar 55,008 pada signifikansi 0,000 serta R2 sebesar 0,622. Nilai R 2 menunjukkan bahwa variabel motivasi belajar dapat dijelaskan oleh variabel reward dan punishment sebesar 62,2%. Maknanya, semakin tingginya reward dan punishment akan berakibat pada semakin tingginya juga motivasi belajar siswa di SMK Negeri 2 Kota Jambi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa di SMK Negeri 2 Kota Jambi
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reward, Punishmenti, Motivasi Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | AMALIYA |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 06:38 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 06:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/38272 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |