SETIANI, PUTRIA PENGGUNAAN APPYPIE UNTUK MENGEMBANGKAN MEDIA APLIKASI ANDROID PADA PEMBELAJARAN TUMBUHAN HIJAU DI KELAS V SEKOLAH DASAR. PENGGUNAAN APPYPIE UNTUK MENGEMBANGKAN MEDIA APLIKASI ANDROID PADA PEMBELAJARAN TUMBUHAN HIJAU DI KELAS V SEKOLAH DASAR. (Submitted)
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf Download (543kB) |
Abstract
ABSTRAK Setiani, Putria. 2018. “Penggunaan Appypie Untuk Mengembangkan Media Aplikasi Android Pada Pembelajaran Tumbuhan Hijau Di Kelas V Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (1) Dra. Hj. Destrinelli,M.Pd (2) Hendra Budiono, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: appypie, media aplikasi android, tumbuhan hijau. Kecanggihan teknologi dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik dalam mengembangkan perangkat pembelajaran maupun media pembelajaran. Media yang baik harus disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Gaya hidup siswa yang menjadikan smartphone sebagai kebutuhan sudah banyak dijumpai di sekolah-sekolah termasuk tingkat sekolah dasar. Karena itu dalam penelitian dan pengembangan ini media pembelajaran diwujudkan dalam bentuk aplikasi android. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah DDD-E. Media ini dikembangkan dengan menggunakan software Appypie. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan dan mengetahui kepraktisan media aplikasi android yang dikembangkan dengan software appypie pada pembelajaran Tumbuhan Hijau di kelas V sekolah dasar. Subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri 13/I Muara Bulian. Hasil penelitian dan pengembangan diperoleh melalui validasi media dan validasi materi serta wawancara guru dan siswa terhadap media aplikasi android yang dikembangkan dengan appypie pada pembelajaran tumbuhan hijau. Hasil penelitian ini berupa media aplikasi android yang dikembangkan dengan software appypie pada pembelajaran tumbuhan hijau di kelas V sekolah dasar yang valid dan praktis. Hasil validasi oleh validator media diperoleh score rata-rata 3,6 dalam kategori Sangat Valid karena telah sesuai dengan kriteria pemilihan media yang baik. Hasil validasi oleh validator materi diperoleh score 3,7 dalam kategori Sangat Valid karena telah sesuai dengan kesesuaian materi dengan SK dan KD. Setelah layak untuk diujicoba, maka peneliti menguji cobakan kepada 6 orang siswa dengan tingkat kemampuan yang berbeda melalui metode wawancara untuk mengetahui kepraktisan media. Hasilnya setiap siswa memiliki respon positif. Diperoleh hasil wawancara bahwa media sangat mudah digunakan dan sangat menarik. Kesimpulan penelitian dan pengembangan ini adalah media aplikasi android yang dikembangkan dengan menggunakan software Appypie pada pembelajaran tumbuhan hijau di kelas V sekolah dasar dikembangkan menggunakan prosedur model pegembangan DDD-E dengan tingkat kevalidan media sangat valid sesuai karakteristik peserta didik dan kebutuhan media serta kevalidan materi yaitu sangat valid sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang diterapkan. Media aplikasi ini praktis saat digunakan hal itu diperoleh dari hasi wawancara guru dan siswa yang menyatakan media ini mudah digunakan dan sangat menarik.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | PUTRIA SETIANI |
Date Deposited: | 23 Mar 2018 07:59 |
Last Modified: | 23 Mar 2018 07:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3831 |
Actions (login required)
View Item |