Kartini, Vidya Putri (2022) PENERAPAN METODE GAME BASED LEARNING BERBASIS GAME EDUCANDY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Rendahnya motivasi belajar sejarah siswa disebabkan karena terdapat beberapa masalah yang perlu di perbaiki. Beberapa masalah ini antara lain banyak siswa yang tidak tertarik belajar sejarah, suasana kelas yang tidak kondusif, rendahnya pemahaman belajar siswa, penggunaan metode pembelajaran yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menerapkan indikator peningkatan dari pelaksanaan setiap siklus melalui metode game based learning berbasis game educandy untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 3 Kota Jambi pada mata pelajaran sejarah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau classroom action research dengan pelaksanaannya sebanyak 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Setiap siklus mempunyai empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi dan analisis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah analisis deskriptif. Sedangkan data dalam peneltian ini diperoleh dari hasil observasi/pengamatan, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode game based learning pada setiap siklus terdapat peningkatan motivasi belajar siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 3 Kota Jambi. Motivasi belajar siswa pada saat pratindakan memperoleh persentase 21,2% kategori rendah dengan rata-rata 61. Pada siklus I motivasi belajar siswa memperoleh persentase 78,8% kategori cukup dengan rata-rata 75,8. Sedangkan pada siklus II motivasi belajar siswa memperoleh persentase 100% kategori sangat tinggi dengan rata-rata 81,62. Pada penilaian kognitif siswa pada saat pratindakan memperoleh ketuntasan 27,2% kategori rendah dengan nilai rata-rata 63,78. Pada siklus I penilaian kognitif siswa memperoleh ketuntasan 70% kategori tinggi dengan nilai rata-rata 66,5. Sedangkan pada siklus II motivasi belajar siswa memperoleh ketuntasan 100% kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata 86,4. Dari hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai 65,54% kategori cukup. Sedangkan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai 83,28% kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode game based learning berbasis game educandy dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Based Learning (GBL), Game Educandy, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Kartini |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 06:59 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 06:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/38310 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |