PENGARUH PERSEPSI MUTU PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS SUNGAI TUTUNG TAHUN 2022

Riski Putri, Nia (2022) PENGARUH PERSEPSI MUTU PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS SUNGAI TUTUNG TAHUN 2022. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Skripsi_Nia Riski Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
halaman judul.pdf

Download (209kB)
[img] Text
pengesahan dan persetujuan.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (199kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (329kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

ABSRAK Latar belakang : Pelayanan puskesmas yang berkualitas akan menciptakan kepuasan pasien sedangkan kegagalan dalam memahami pentingnya kualitas layanan dan kepuasan pasien akan mengundang kesempatan untuk kehilangan pasien. data kunjungan puskesmas sungai tutung tiga tahun terakhir memperlihatkan kecenderungan penurunan jumlah kunjungan pasien dimana pada tahun 2018 terdapat 2.902 kunjungan mengalami penurunan hingga tahun 2020 terdapat 1291 kunjungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Puskesmas Sungai Tutung Tahun 2022. Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan survey cross sectional, dengan sampel sebanyak 93 orang responden menggunakan teknik accidental sampling dengan populasinya yaitu seluruh pasien yang berkunjung di Puskesmas Sungai Tutung pada tahun 2022. Analisis data menggunakan uji korelasi spearman. Hasil : hasil penelitian menunjukan bukti fisik p = 0,003 korelasi (r) 0,306, kehandalan p =0,000 korelasi (r ) 0,530, daya tanggap p= 0,000 (r ) 0,531, jaminan p= 0,000 korelasi ( r) 0,509, empati p= 0,000 korelasi (r) 0,519. Kesimpulan : disimpulkan bahwa semua variabel memiliki pangaruh terhadap kepuasan pasien dengan derajat hubungan korelasi lemah untuk variabel bukti fisik dan derajat hubungan korelasi sedang untuk variabel kehandalan, daya tanggap,jaminan,serta empati. Kata kunci : kepuasan pasien, mutu, puskesmas

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kepuasan pasien, mutu, puskesmas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Putri
Date Deposited: 04 Aug 2022 02:44
Last Modified: 04 Aug 2022 02:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/38314

Actions (login required)

View Item View Item