Penerapan Metode Problem Solving Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Materi Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia Siswa Kelas X MIPA 2 SMA N 1 Kota Jambi

na, sofia (2022) Penerapan Metode Problem Solving Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Materi Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia Siswa Kelas X MIPA 2 SMA N 1 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SOFIANA_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Halaman persetujuan,pengesahan.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/file_skripsi

Abstract

ABSTRAK Sofiana, 2022. Penerapan Metode Problem Solving Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Materi Kerajaan-kerajaan islam di indonesia Siswa Kelas X MIPA 2 SMA N 1 KOTA JAMBI.”: Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah , FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Maizar Karim, M. Hum (II) Apdelmi, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci: hasil belajar, siswa, problem solving, media gambar Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan serta untuk mengetahui tingkat keberhasilan yang akan dicapai pada setiap siklus dan pembelajaran melalui metode Problem Solving, serta untuk mengetahui bagaimana implementasi metode Problem Solving dapat meningkatkan Hasil Belajar pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Kota Jambi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA 2 SMA N 1 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, kuantitatif dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar sejarah yang menggunakan metode Problem Solving, hal ini ditunjukkan disetiap indicator kognitif, afektif, dan psikomotor, presentasenya mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Saran yang dapat diberikan adalah agar dapat menggunakan metode pembelajaran yang tepat dapat menyampaikan materi. Dan ciptakanlah kondisi kelas yang kondusif dan menyenangkan sehingga para siswa betah dan semangat dalam pembelajaran sejarah di kelas.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: hasil belajar, siswa, problem solving, media gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: SOFIANA
Date Deposited: 16 Aug 2022 03:33
Last Modified: 16 Aug 2022 03:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/38493

Actions (login required)

View Item View Item