Aziz, Muhammad Abdul (2022) PENERAPAN MANAJEMEN TALENTA PADA PDAM TIRTA MAYANG KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (736kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (118kB) |
Abstract
ABSTRAK Perang Talenta merupakan situasi ketika perusahaan saling berlomba mengalahkan pesaing mereka untuk memperoleh talent terbaik yang ada di pasar tenaga kerja. Hal ini membawa konsekuensi bagi perusahaan agar lebih mampu melakukan proses penyeleksian talenta dan lebih terampil mengembangkan talenta yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja talenta yang dimiliki karyawan, untuk mengetahui penerapan manajemen talenta, dan untuk mengetahui perkembangan penerapan sumber daya manusia berbasis talenta di PDAM Tirta Mayang Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode survey. Metode Survey ini diimplementasikan dalam bentuk wawancara langsung kepada Responden di PDAM Tirta Mayang Kota Jambi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen talenta yang telah diterapkan pada PDAM Tirta Mayang dimulai dari rekrutmen terbuka, seleksi karyawan baru, pelatihan karyawan, pengurangan karyawan, evaluasi kerja, dan penilaian kerja sehingga karyawan dapat dikembangkan menjadi lebih baik dan kompeten. Penerapan manajemen talenta di PDAM Tirta Mayang terdiri dari beberapa komponen proses perekrutan dan seleksi, orientasi, pendidikan dan pelatihan serta pengembangan kaderisasi. Hambatan penerapan manajemen talenta di PDAM Tirta Mayang yaitu proses perekrutan dan seleksi SDM membutuhkan waktu yang lama, perubahan tempat perekrutan, hambatan psikologis, dan keterbatasan tingkat kualifikasi yang dibutuhkan. Pada saat penilaian karyawan merasa tidak nyaman dinilai kinerjanya, ketidakpuasan karyawan terkait pemecatan sebagai hukuman, dan terjadinya pengadilan hukum industri kerja. Kemudian rendahnya semangat kerja karyawan sehingga malas bekerja dan saat dilakukan pengkoreksian merasa tidak puas. Kemudian hambatan biaya untuk peningkatan SDM hingga hambatan keliru baca meter dan tidak mencapai target baca meter.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Talenta, PDAM, Penerapan, Hambatan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | AZIZ |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 06:31 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 06:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/38596 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |