PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERENCANAAN PENSIUN GURU SMP BERSTATUS PNS DI KOTA JAMBI

Rahmarina, Raishah (2022) PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERENCANAAN PENSIUN GURU SMP BERSTATUS PNS DI KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak raishah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1 raishah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5 raishah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Cover skripsi raishah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar pustaka raishah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Fixx Raishah 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
tanda pengesahan dan persetujuan skripsi.pdf

Download (551kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Sebagian besar indvidu yang bekerja akan mengalami masa pensiun. Pensiun merupakan keadaan dimana seseorang tidak lagi bekerja sedangkan biaya hidup tetap sama atau lebih. Sejumlah dan perlu disiapkan sebelumnya melalui perencanaan pensiun untuk dapat memenuhi biaya hidup tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan terhadap perencanaan pensiun guru SMP berstatus PNS di Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling menggunakan Rumus Slovin. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 88 responden. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner dengan skala likert. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan PLS (Partial Least Square) menggunakan software Smart PLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa literasi keuangan (pengetahuan keuangan, perilaku keuangan, sikap keuangan) secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap perencanaan pensiun.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Financial Literacy, Financial Knowledge, Financial Behavior, Financial Attitude, Retirement Planning
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RAHMARINA
Date Deposited: 19 Aug 2022 06:59
Last Modified: 19 Aug 2022 06:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/38656

Actions (login required)

View Item View Item