ASTUTI, LESTARI PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MATEMATIKA KARPET BILANGAN PADA MATERI OPERASI HITUNG DI KELAS II SDN 121/1 MUARA SINGOAN. JURNAL PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MATEMATIKA KARPET BILANGAN PADA MATERI OPERASI HITUNG DI KELAS II SDN 121/1 MUARA SINGOAN.
![]() |
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf Download (339kB) |
Abstract
PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MATEMATIKA KARPET BILANGAN PADA MATERI OPERASI HITUNG DI KELAS II SDN 121/1 MUARA SINGOAN Oleh : LESTARI ASTUTI A1D114085 PGSD FKIP UNIVERSITAS JAMBI ABSTRAK Astuti, Lestari. “Pengembangan Alat Peraga Matematika Karpet Bilangan Pada Materi Operasi Hitung Di kelas II SDN 121/1 Muara Singoan”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Dr. Yantoro, M.Pd (II) Suci Hayati, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: Alat peraga, karpet bilangan, operasi hitung. Berdasarkan observasi pengunaan alat peraga pada proses pembelajaran matematika di kelas II SDN 121/1 Muara Singoan masih sangat terbatas. Khususnya pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Kurangnya pengunaan alat peraga membuat minat belajar siswa rendah sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Fungsi dari alat peraga tersebut untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran, serta dapat digunakan untuk mempermudah berjalannya proses pembelajaran sehingga mampu menarik perhatian siswa. Karena itu, peneliti melakukan upaya pengembangan alat peraga karpet bilangan pada materi operasi hitung di kelas II SDN 121/1 Muara Singoan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan alat peraga matematika karpet bilangan pada materi operasi hitung, mengetahui kevalidan produk dari alat peraga karpet bilangan sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi. Mengetahui kepraktisan produk pengembangan berdasarkan penilaian siswa dan guru terhadap alat peraga yang telah dibuat. Berdasarkan hasil penelitian prosedur pengembangan alat peraga karpet bilangan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Hasil akhir validasi ahli media diperoleh nilai rata-rata yaitu 4,87 maka produk ini termasuk dalam kriteria “sangat baik” dan layak diuji cobakan tanpa revisi. Hasil akhir validasi ahli materi diperoleh nilai rata-rata yaitu 4,84 maka produk ini termasuk dalam kriteris “sangat baik” dan layak diuji cobakan. Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan yaitu uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil, siswa banyak yang memberi respon positif terhadap alat peraga karpet bilangan. Hasil wawancara siswa menunjukkan bahwa alat peraga karpet bilangan menyenangkan dan menarik perhatian siswa sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan. Hasil angket respon guru diperoleh nilai rata-rata yaitu 4,6 maka produk ini termasuk dalam kriteria “sangat praktis”. Maka, alat peraga karpet bilangan layak digunakan sebagai alat peraga matematika pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan kelas II Sekolah Dasar.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | LESTARI ASTUTI |
Date Deposited: | 26 Mar 2018 07:50 |
Last Modified: | 26 Mar 2018 07:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3870 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |