Ridayanti, Devi PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MIND MAPPING PADA MATERI HIDROKARBON KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MIND MAPPING PADA MATERI HIDROKARBON KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
Artikel ilmiah deviii pdf print ok.pdf Download (367kB) |
Abstract
PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MIND MAPPING PADA MATERI HIDROKARBON KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI Devi Ridayanti1, Muhammad Damris2*, Aulia Sanova 2 1Alumni Prodi Pendidikan Kimia, Jurusan PMIPA, FKIP Universitas Jambi 2Staff Pengajar Prodi Pendidikan Kimia, Jurusan PMIPA, FKIP Universitas Jambi Email: dvdsrdy05@gmail.com ABSTRACT Unpleasant learning can lead to a lack of learning objectives. The use of interactive media in the learning process can create a fun learning atmosphere for students. In addition learning using the media has other benefits, such as generate student responses, improve understanding, and can present learning with interesting. This study aims to determine the procedure of interactive media development of computer-based Mind Mapping as a learning medium on Hydrocarbon material. This study also aims to determine the response of students in class XI IPA and teachers to media mind mapping developed. This study is a development study that adapts the ADDIE research design. The design of this research consists of 5 stages namely, analysis, design, development, implementation and evaluation. Media mind mapping is validated by material experts and media experts. Media mind mapping that has been validly tested to students of class XI IPA SMA Negeri 8 Kota Jambi. Qualitative data obtained were analyzed using Likert scale data. The results of field trials of 10 students obtained a percentage of 80.67% (very good) and teacher response to media mind mapping "hydrocarbons" 4.33 (very good) Based on the research result, it is concluded that the media mind mapping of chemistry on hydrocarbon material developed is feasible to be used in learning and get positive response from the students. Keywords: Interactive Media, Mind Mapping, Feasibility ABSTRAK Pembelajaran yang tidak menyenangkan dapat mengakibatkan tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Penggunaan media interaktif dalam proses belajar dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Selain itu pembelajaran menggunakan media memiliki manfaat lain, seperti membangkitkan respon siswa, meningkatkan pemahaman, serta dapat menyajikan pembelajaran dengan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media interaktif Mind Mapping berbasis komputer sebagai media pembelajaran pada materi Hidrokarbon. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik dikelas XI IPA dan guru terhadap media mind mapping yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi desain penelitian ADDIE. Desain penelitian ini terdiri dari 5 tahap yaitu, analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Media mind mapping divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Media mind mapping yang telah valid diujicobakan kepada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Kota Jambi. Data kualitatif yang diperoleh dianalisis menggunakan data skala Likert. Hasil uji coba dilapangan terhadap 10 orang siswa diperoleh persentase sebesar 80,67 % (sangat baik) dan respon guru terhadap media mind mapping “hidrokarbon” 4,33 (sangat baik) Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media mind mapping kimia pada materi hidrokarbon yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran dan mendapat respon positif dari siswa. Kata kunci: Media Interaktif, Mind Mapping, Kelayakan
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DEVI RIDAYANTI |
Date Deposited: | 26 Mar 2018 09:09 |
Last Modified: | 26 Mar 2018 09:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3872 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |