Purnamasari, Nurlaili (2022) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB KELAS X MADRASAH ALIYAH LABORATORIUM JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
cover my.pdf Download (65kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (373kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text
skripsi SARI PURNAMA LAILI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Purnamasari, Nurlaili. 2022. Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Kelas X Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Mulyadi, S.Ag., M.Pd.I., (II) M. Rohiq, S.S., MA ., Kata kunci: Latar Belakang Pendidikan, Minat Belajar Siswa, Hasil Belajar Bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh latar belakang Pendidikan dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar bahasa Arab. Fakta di lapangan menunjukkan beberapa siswa yang mengalami kesuliatan belajar bahasa Arab dikarenakan berlatar belakang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan kurangnya antusias mereka terhadap mata pelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk dalam jenis penelitian lapangan. Lokasi penelitian ini berada di Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi, dengan respondennya yaitu siswa kelas X dan populasi yang digunakan yaitu 53 siswa. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (a) Besarnya pengaruh latar belakang pendidikan terhadap hasil belajar bahasa Arab adalah 0,141 dengan taraf signifikan 5% atau 0,05 maka didapatkan nilai Sig. 0,141 < 0,05 sehingga tolak H0 yang berarti latar belakang pendidikan berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa di Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi. (b) Besarnya pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar bahasa Arab sederhana adalah 0,260 dengan taraf signifikan 5% atau 0,05 maka didapatkan nilai Sig. 0,260 < 0,05 sehingga tolak H0 yang berarti minat belajar berpengaru signifikan terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa di Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi. (c) Besarnya pengaruh laatar belakang pendidikan dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar bahasa Arab yaitu sebesar nilai Fhitung = adalah sebesar 1,477 dan dengan taraf signifikansi sebesar 0,238. Dan diketahui bahwa Ftable = (1; N-2) sehingga (1; 51) dengan taraf signifikansi 0,05 didapatkan nilai Ftabel = 3,18. Sehingga dapat disimpulkan Fhitung > Ftabel maka tolak H0 dan taraf signifikansi 0,238 < 0,05 sehingga di dalam penelitian ini latar belakang Pendidikan dan minat belajar siswa berpengaruh secara signifikansi terhadap hasil belajar bahasa Arab.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Latar Belakang Pendidikan, Minat Belajar Siswa, Hasil Belajar Bahasa Arab. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab |
Depositing User: | Purnamasari |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 06:40 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 06:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/38727 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |