HAKIM TIMORIADY, ARITIA PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS MAN 4 MUARO JAMBI. PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS MAN 4 MUARO JAMBI. (Submitted)
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf Download (314kB) |
Abstract
ABSTRAK Kata Kunci: Gaya Belajar dan Hasil Belajar Untuk meningkatkan minat wirausaha masyarakat khususnya siswa, sekolah memberikan mata pelajaran kewirausahaan. Akan tetapi, kenyataanya setelah pendidikan SMK usai, siswa tidak melanjutkan berwirausaha. Ada banyak faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dari faktor tersebut diantaranya adalah kreativitas dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kreativitas terhadap minat berwirausaha siswa kelasXI Tata Niaga SMK N 1 Kota Jambi, (2) pengaruh hasil belajar terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI Tata Niaga SMK N 1 Kota Jambi. dan (3) pengaruh kreativitas dan hasil belajar tehadap minat berwirausaha siswa kelas XI Tata Niaga SMK N 1 Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 51orang siswa yaitu kelas XI Tata Niaga sebanyak 51 orang siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket kemudian diolah secara statistik dengan bantuan program SPSS for windows 18. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kreativitas terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI Tata Niaga SMK N 1 Kota Jambi. Hal ini sesuai dengan nilai koefisien regresi parsial sebesar 0,892dimanat hitung(3,553) >t tabel(1,658) atau nilai sig. (probabilitas) menunjukkan 0,001 < 0,05. Terdapat hasil belajar terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XI Tata Niaga SMK N 1 Kota Jambi. Hal ini berdasarkan hasil koefisien regresi parsial sebesar 0,388 dimana t hitung(5,137) >t table (1,658) atau nilai sig. (probabilitas) menunjukkan 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh kreativitas dan hasil belajar terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI Tata Niaga SMK N 1 Kota Jambi. Pernyataan tersebut sesuai dengan hasil penelitian dimana koefisien regresi ganda (simultan) sebesar 0,476 dimana Fhitung dibandingkan dengan Ftabel pada taraf kesalahan 5% (α 0,05) maka Fhitung(24,005) >Ftabel (3,13) atau nilai sig. 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada siswa membangkitkan kreativitasdan hasil belajar yang dimiliki dengan berbagai cara yang dapat menjadikan terpacu sehingga dapat dijadikan modal dalam berwirausaha.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | ARITIA HAKIM T |
Date Deposited: | 26 Mar 2018 09:09 |
Last Modified: | 26 Mar 2018 09:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3874 |
Actions (login required)
View Item |