HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DAN PENDIDIKAN DEMOKRASI DI SEKOLAH DENGAN KEMANDIRIAN PADA SISWA/I KELAS VII SMP N 47 MUARO JAMBI

RONIKA, FRISKA (2022) HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DAN PENDIDIKAN DEMOKRASI DI SEKOLAH DENGAN KEMANDIRIAN PADA SISWA/I KELAS VII SMP N 47 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (64kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (476kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (313kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (202kB)
[img] Text
SKRIPSI FRISKA RONIKA A1A318007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Ronika, Friska. 2022. Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua dan Pendidikan Demokrasi di Sekolah dengan Kemandirian Pada Siswa/I Kelas VII SMP N 47 Muaro Jambi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial., FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. M. Salam, M.Si. Pembimbing (2) Heri Usmanto, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Kemandirian, Pola Asuh Demokratis, Pendidikan Demokrasi Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di SMP N 47 Muaro Jambi menunjukkan masalah yang berkaitan dengan kemandirian dari peserta didik. Masalah yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah masalah kemandirian yang berasal dari faktor pola asuh orang tua yang diterapkan dan juga pembelajaran pendidikan demokrasi yang diterima di lingkungan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dari pola asuh demokratis orang tua dan pendidikan demokrasi di sekolah terhadap kemandirian siswa. Responden dalam penelitian ini adalah siswa/I kelas VII yang telah memberikan jawaban terhadap angket yang telah disebarkan. Merujuk terhadap keadaan siswa/I yang sesungguhnya, baik berkaitan dengan bagaimana orang tua menerapkan pola asuh terhadap anak selama di rumah dan juga bagaimana para siswa/I di lingkungan sekolah memperoleh pembelajaran pendidikan demokrasi. Metode pengumpulan data yang di lakukan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif menggunakan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik uji prasyarat analisis yaitu normalitas dan reliabilitas beserta uji hipotesis statistik yaitu uji t statistik dan uji F statistik. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah secara individu pola asuh demokratis orang tua tidak memiliki hubungan dengan kemandirian siswa karena karena nilai signifikansi yang diperoleh 0,076 > 0,05, sedangkan pendidikan demokrasi di sekolah memiliki hubungan yang positif dan signifikan kemandirian siswa/I kelas VII SMP N 47 Muaro Jambi karena nilai signifikansi yang diperoleh 0,000 < 0,05. Kemudian, secara bersama-sama pola asuh demokratis orang tua dan pendidikan demokrasi di sekolah memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kemandirian siswa dengan nilai signifikansi 0,620 atau dalam kategori kuat. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada para orang tua untuk tidak berfokus terhadap salah satu pola asuh saja melainkan menerapkan pola asuh yang disesuaikan dengan keadaan anak. Kemudian, untuk pihak sekolah untuk selalu memberikan pembelajaran pendidikan demokrasi kepada siswa/I agar dapat mengembangkan potensi peserta didik baik sosial maupun psikologis. Serta untuk peneliti selanjutnya, peneliti menyarankan untuk menggunakan variabel yang lain serta sampel yang berbeda agar hasil penelitian selanjutnya lebih luas cakupannya.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, Pola Asuh Demokratis, dan Pendidikan Demokrasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: Ronika
Date Deposited: 23 Aug 2022 02:43
Last Modified: 23 Aug 2022 02:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/38760

Actions (login required)

View Item View Item