devita, andriyani (2018) Peyelenggaraan Layanan Informasi oleh Guru Bimbingan dan Konseling oleh Guru BK yang sudah Sertifikasi di SMP Negeri se-Kota Jambi. Bimbingan dan Konseling. pp. 1-12.
Text
ARTIKEL.docx Download (50kB) |
Abstract
Peningkatan mutu guru lewat program sertifikasi merupakan upaya peningkatan mutu pendidikan, apabila kompetensi guru bagus yang diikuti dengan penghasilan bagus diharapkan kinerjanya juga bagus. Apabila kinerjanya bagus maka dapat membuahkan pelayanan yang bermutu. Secara teoritik Guru pembimbing atau Konselor sekolah yang sudah mendapatkan sertifikat pendidik diharapkan dapat memberikan pelayanan bimbingan dan konseling yang bermutu. Guru bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan sangat berpengaruh untuk pembentukan kepribadian peserta didik dan membantu memenuhi kebutuhan peserta didik dalam perkembangan dirinya untuk mencapai optimal. Melalui informai yang cepat, tepat dan akurat seputar pendidikan yang berguna bagi siswa akan sangat memudahkan dan membantu siswa. Layanan informasi menurut Prayitno (2004:2) yaitu berusaha memenuhi kekurangan siswa akan informasi yang mereka perlukan. Dalam layanan ini, kepada peserta layanan disampaikan berbagai informasi, informasi itu kemudian diolah dan digunakan siswa untuk kepentingan hidup dan perkembangannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendiskripsikan atau menjelaskan peristiwa atau sesuatu kejadian yang terjadi pada saat sekarang dalam bentuk ngka-angka yang bermakna. Dengan jumlah populasi dan sampel penelitian ini adalah sebanyak 51 orang. Alat pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan angket. Temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa hasil penyelenggaraan layanan informasi berada pada kualitas “Sedang” sebesar 43%, dengan indikator perencanaan layanan informasi berada pada kualitas “Sedang” (44%), pelaksanaan layanan informasi berada pada kualitas “Baik” (64%), dan evaluasi layanan informasi berada pada kualitas “Sedang” (43%). Dilihat dari hasil penelitian penyelenggaraan layanan informasi yang berada pada kualitas kadang-kadang ini, kedepannya guru pembimbing agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan peningkatan kinerjanya.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DEVITA ANDRIYANI |
Date Deposited: | 27 Mar 2018 08:07 |
Last Modified: | 27 Mar 2018 08:07 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3881 |
Actions (login required)
View Item |