Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent pada Siswa Kelas X Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di SMA Negeri 1 Batanghari

Ardillah, Yervy and Syafmen, Wardi and Winarni, Sri (2018) Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent pada Siswa Kelas X Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di SMA Negeri 1 Batanghari. Universitas Jambi.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (998kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (218kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (218kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Ardillah, Yervy. 2018. Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent pada Siswa Kelas X Materi Sistem Linear Tiga Variabel di SMA Negeri 1 Batanghari : Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Drs. Wardi Syafmen, M.Si (II) Sri Winarni, S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Berpikir kreatif, pemecahan masalah, gaya kognitif Field Dependent dan Field Independent, sistem persamaan linear tiga variabel Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yaitu rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dapat dilihat berdasarkan indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Untuk mengemukakan ketiga indikator berpikir ini dapat dilakukan dengan siswa menyelesaikan soal pemecahan masalah, dimana pemecahan masalah adalah suatu persoalan yang tidak rutin, belum dikenal cara penyelesaiannya. Karakteristik siswa juga dikenal dengan gaya kognitif dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif siswa, dalam hal ini siswa gaya kognitif field dependent dan field independent dijadikan subjek penelitian. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif dan tingkat berpikir kreatif siswa dependent dan independent dalam pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA SMA N 1 Batanghari yang mempunyai gaya kognitif field dependent dan field independent. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penulis sendiri, tes gaya kognitif, lembar tes soal pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear tiga variabel, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk indikator kefasihan siswa dependent mencapai persentase 50% termasuk kategori rendah, untuk siswa independent mencapai persentase 81,2% termasuk kategori tinggi. Untuk indikator flesibilitas siswa dependent mencapai persentase 50% termasuk kategori rendah, untuk siswa independent mencapai persentase 81,2% termasuk kategori tinggi. Untuk indikator kebaruan siswa dependent dan independent mencapai persentase 0% termasuk kategori sangat rendah. Dari ketiga indikator berpikir kreatif siswa dependent tidak memenuhi semua indikator dengan begitu dapat disimpulkan siswa dependent berada di tingkat 0 berpikir kreatif yaitu tidak kreatif, sedangkan siswa independent hanya memenuhi indikator kefasihan dan fleksibilitas dengan begitu dapat disimpulkan siswa independent berada ditingkat 3 berpikir kreatif yaitu kreatif.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: YERVY ARDILLAH
Date Deposited: 27 Mar 2018 06:42
Last Modified: 27 Mar 2018 06:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3885

Actions (login required)

View Item View Item