Analisis Kesalahan Siswa Tipe Compliance dalam Menyelesaikan Soal Matematika di SMK Negeri 3 Kota Jambi

Sari, Fenny Maya Analisis Kesalahan Siswa Tipe Compliance dalam Menyelesaikan Soal Matematika di SMK Negeri 3 Kota Jambi. Universitas Jambi.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

ANALISIS KESALAHAN SISWA TIPE KEPRIBADIAN COMPLIANCE DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DI SMK NEGERI 3 KOTA JAMBI Oleh: Fenny Maya Sari1), Gugun M. Simatupang2), Sri Winarni2) 1)Alumni Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Jambi 2)Dosen Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Jambi Email: fennyms96@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang diberikan oleh guru. semakin rendah nilai matematika yang diperoleh oleh siswa, maka semakin banyak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika dapat dilihat dari indikator kesalahan menurut Newman yaitu kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan. Untuk mengetahui jenis kesalahan siswa dapat dilakukan dengan memberikan soal matematika dalam bentuk penyelesaian soal menggunakan langkah pemecahan masalah. Karakteristik siswa (kepribadian) juga dapat mempengaruhi proses belajar siswa dalam menyelesaikan soal matematika, dalam hal ini siswa dengan tipe kepribadian compliance dijadikan subjek penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa tipe kepribadian tipe compliance dalam menyelesaikan soal matematika pada materi matriks, serta faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI AV2 SMK Negeri 3 Kota Jambi. Instrumen dalam penelitian ini yaitu penulis sendiri, tes kepribadian DISC, lembar tes soal matematika pada materi matriks, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh subjek penelitian berdasarkan jenis kesalahan Newman adalah kesalahan keterampilan proses dan kesalahan dalam penulisan. Kesalahan tersebut terjadi karena subjek kurang teliti, keliru, lupa dan tergesa-gesa dalam proses penyelesaian sehingga jawaban diperoleh subjek bernilai salah. Hal ini tentu juga dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya faktor internal seperti kondisi fisik siswa, motivasi, kemampuan intelegensi, kepercayaan diri dan kebiasaan belajar siswa yang kurang baik. Sedangkan untuk faktor eksternal adalah kondisi lingkungan belajar siswa seperti kurang kondusifnya suasana di dalam kelas. Kata kunci: kesalahan, kepribadian compliance, penyelesaian soal matematika

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FENNY MAYA SARI
Date Deposited: 27 Mar 2018 06:42
Last Modified: 27 Mar 2018 06:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3886

Actions (login required)

View Item View Item