Pendidikan Karakter Melalui Layanan Informasi Upaya Mereduksi Perilaku Bullying pada Siswa Kelas Tinggi di SD Negeri 120/IV Kota Jambi

susanti, meri (2022) Pendidikan Karakter Melalui Layanan Informasi Upaya Mereduksi Perilaku Bullying pada Siswa Kelas Tinggi di SD Negeri 120/IV Kota Jambi. S1 thesis, bimbingan dan konseling.

[img] Text
SKRIPSI MERI SUSANTI-A1E118010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (12kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (152kB)
[img] Text
bab5.pdf

Download (10kB)
[img] Text
daftarpustaka.pdf

Download (122kB)

Abstract

i ABSTRAK Judul Skripsi : Pendidikan Karakter Melalui Layanan Informasi Upaya Mereduksi Perilaku Bullying pada Siswa Kelas Tinggi di SD Negeri 120/IV Kota Jambi Nama : Meri Susanti Nim : A1E118010 Dosen Pembimbing I : Drs. Nelyahardi, M.Pd Dosen Pembimbing II : Hera Wahyuni, S.Pd., M.Pd Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena mengenai maraknya kasus bullying di sekolah, pengamat media sadar dengan berbagai situasi bullying. Bullying adalah tindakan mengancam orang lain dengan perilaku, kata-kata, dan sikap. Oleh karena itu, bullying mencakup kerugian fisik dan psikologis. Bullying juga termasuk mengucilkan seseorang dan menyebarkan desas-desus tentang mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap bullying, serta mereduksi perilaku bullying dengan menerapkan pendidikan karakter melalui layanan informasi pada siswa kelas VIA di SD Negeri 120/IV Kota Jambi. Bullying adalah suatu tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk meneror atau mengancam orang lain, seringkali berulang-ulang, sehingga korban merasa terancam baik secara fisik maupun verbal. Upaya tulus untuk mengembangkan pemahaman, kasih sayang, dan kemampuan seseorang untuk berperilaku sesuai dengan prinsip moral mereka menghasilkan pendidikan karakter. Layanan informasi bertujuan untuk mengisi kesenjangan informasi yang dimiliki peserta didik. Peserta dalam program ini menerima berbagai informasi, yang selanjutnya diproses dan dimanfaatkan oleh individu untuk pertumbuhan dan keuntungan pribadi mereka. Jenis penelitian ini menggunakan onegroup pretest-posttest design sebagai metode pre-experimental design. Dengan menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Menurut temuan penelitian, perulaku bullying telah turun 4,5%. Perilaku bullying berada pada kelompok sedang sebelum mendapatkan perlakuan, dengan persentase 17,135%, dan pada kategori sangat rendah sesudahnya, dengan persentase 10,55%. Hasil uji perhitungan Wilcoxon Asymp. Dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter melalui layanan informasi bermanfaat dalam menurunkan perilaku bullying terhadap siswa karena sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000,<0,05 dengan ini dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter melalui layanan informasi efektif dalam mereduksi perilaku bullying siswa. Guru di kelas diharapkan membantu siswa memahami bullying dan cara mencegahnya, misalnya dengan memasukkannya ke dalam pelajaran dan menggunakan contoh dunia nyata. Kata kunci: Pendidikan Karakter, Layanan Informasi Mereduksi Perilaku Bullying.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Susanti
Date Deposited: 30 Aug 2022 04:32
Last Modified: 30 Aug 2022 04:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/38880

Actions (login required)

View Item View Item