Lubis, Herlina Harianty (2022) Implementasi Layanan Perpustakaan Berbasis Digital di Perpustakaan Universitas Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Skripsi_Herlina_Harianty_Lubis.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Cover_Herlina_Harianty_Lubis.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan dan Lembar Persetujuan.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Abstrak_Herlina_Harianty_Lubis.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
BAB I_Herlina_Hariantty_Lubis.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
BAB V_Herlina_Hariantty_Lubis.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan_Herlina_Hariantty_Lubis.pdf Download (318kB) |
Abstract
Lubis, Herlina Harianty. 2022. Implementasi Layanan Perpustakaan Berbasis Digital di Perpustakaan Universitas Jambi: Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Mohamad Muspawi, S.Pd.I., M.Pd.I (II) Dr. Robin Pratama, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Layanan Perpustakaan, Perpustakaan Digital Tujuan Penelitian ini Untuk mengetahui bagaimana implementasi layanan perpustakaan digital di Perpustakaan Universitas Jambi, Untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat implementasi layanan perpustakaan digital di perpustakaan Universitas Jambi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Subjek penelitian adalah kepala Perpustakaan, dan tujuh orang pegawai di Perpustakaan Universitas Jambi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) pengadaan perlengkapan dan peralatan untuk meningkatkan layanan perpustakaan digital yaitu seperti jaringan wifi, jaringan internet, komputer dan juga membutuhkan alat seperti scanner, server dan user (2) koleksi yang dimediakan dalam layanan digital yaitu memediakan koleksi, seperti punya buku teks yang layanankan buku teks, dan kemudian punya layanan repository yang di upload oleh sivitas. (3) upaya pengembangan melalui kegiatan pelatihan yaitu upaya pengembangan pelatihan ada prosedurnya ialah dari pimpinan yang memberi tugas kepada pegawai untuk melakukan pelatihan untuk menunjang pelayanan berbasis digital di perpustakaan Universitas Jambi (4) layanan yang sudah menggunakan layanan digital seperti layanan automasi, layanan bebas pustaka, mengeluarkan ID, mengeluarkan surat-surat, Layanan buku-buku, layanan repository, e-jurnal, OPAC, e-book, open akses, e-jurnal juga ada layanan internasional. (5) Memotivasi Pengunjung Untuk Lebih Menggunakan Layanan Digital dengan cara memberikan tempat sarana prasarana yang bagus dan mempromosikan melalui media seperti melalui facebook, whatsaap twiter, instagram, link perpustakaan dan melalui web yang selalu di informasikan. (6) Prosedur dalam menggunakan layanan digital itu harus terdaftar dulu di siakad dan Layanan digital yang open akses, seperti e-jurnal sepanjang masih di bawah wifi lingkungan unja langsung akses (7) faktor pendukung dalam pelaksanaan layanan digital di perpustakaan Universitas Jambi yaitu jaringan wifi yang sudah bagus, dan jaringan juga sudah lancar, jadi lancar layanannya, jadi LPTIK sebagai pengelola sudah mendukung (8) faktor penghambat dalam pelaksanaan layanan digital di perpustakaan Universitas Jambi yaitu kendala yang tidak banyak, hanya saja yang paling fatal itu adalah jaringan internet, jaringan internet itu terkadang sering tidak konek dan macet, lampu atau listrik PLN ini sering mati, jadi itu yang sering menghambat layanan digital disini. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar kepala perpustakaan mampu untuk meningkatkan layanan digital dengan cara menyiapakn berbagai layanan digital untuk meningkatkan layanan berbasis digital di perpustakaan Universitas Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LAYANAN PERPUSTAKAAN BERBASIS DIGITAL DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS JAMBI |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | LUBIS |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 02:48 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 02:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/38888 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |