ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI MIPA SMAN 11 KOTA JAMBI

M. Insyafani, Tenny ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI MIPA SMAN 11 KOTA JAMBI. Artikel Ilmiah. (Unpublished)

This is the latest version of this item.

[img] Text
Artikel pdf.pdf

Download (756kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model inkuiri terbimbing serta pengaruhnya terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi laju reaksi kelas XI MIPA SMAN 11 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif korelasional dengan teknik pengambilan sampel Purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta lembar observasi keterampilan proses sains siswa. Untuk melihat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan keterampilan proses sains siswa dilakukan uji signifikansi dengan uji t. Keterlakasanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing oleh guru memiliki persentase sebesar 78,63% dikategorikan baik, persentase model pembelajaran inkuiri terbimbing oleh siswa sebesar 76,83% dikategorikan baik, dan persentase keterampilan proses sains siswa sebesar 67,79% dikategorikan baik. Hubungan keterlaksanaan model inkuiri terbimbing dengan keterampialn proses sains diperoleh rxy = 0,6199 dengan tingkat hubungan kuat. Uji signifikansi dilakukan dengan uji t dengan diperoleh thitung > ttabel (4,382 > 2,024) dengan dk = 38 dan α = 0.05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian bahwa keterlaksanan model pembelajaran inkuiri terbimbing berjalan dengan baik serta terdapat pengaruh keterlaksanaan model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi laju reaksi di kelas XI MIPA 3 SMAN 11 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: TENNY INSYAFANI MENDROFA
Date Deposited: 27 Mar 2018 01:48
Last Modified: 27 Mar 2018 01:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3889

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item