PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK SHAPING UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA N 8 MUARO JAMBI

Natalia, Desy (2022) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK SHAPING UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA N 8 MUARO JAMBI. S1 thesis, Bimbingan dan Konseling.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP DESY GITA NATALIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI DESY GITA NATALIA DAMANIK.pdf

Download (170kB)
[img] Text
PENGESAHAN LULUS UJIAN SKRIPSI DAN PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (15kB)
[img] Text
ABSTRAK DESY GITA NATALIA DAMANIK (A1E118123).pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB I DESY GITA NATALIA DAMANIK.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB V DESY GITA NATALIA DAMANIK.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DESY GITA NATALIA DAMANIK A1E118123.pdf

Download (247kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok menggunakan Teknik Shaping untuk meningkatkan Disiplin Belajar pada Siswa kelas XI IPS di SMAN 8 Muaro Jambi.Dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh teknik shaping dalam meningkatkandisiplin belajar sebelum diberikan perlakuan (treatment) dan setelah diberikan perlakuan (treatment) pada saat post-test.Disiplin Belajar dalam penelitian ini dibatasi pada disiplin belajar sering melakukan tindak disiplin yang tidak baik, seperti di keluarga(rumah), sekolah dan juga masyarakat, dan teknik yang digunakan yaitu teknik shaping. Hal ini sejalan dengan Disiplin Belajar menurut Arikunto(dalam Sri Wulaindi Pondanda, Aspin, 2018) yang memberikan tiga indikator yang harus di miliki untuk meningkatkan disiplin di keluarga,sekolah dan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design, bentuk desain Quasi Eksperimen yang dipilih adalah Nonequivalent Control Group Design, yang menjadi objek dalamPenelitian ini adalah siswa kelas XI IPS dengan jumlah 10 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan 10 orang siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukan perbedaan pemahaman disiplin belajar dengan nilai rata-rata sebesar 73.70 untuk kelas eksperiment dan 75.70 untuk kelas kontrol. Hal ini bersamaan dengan nilai hasil uji beda (t), dari perhitungan diatas didapatkan thitung= 176 sedangkan ttabel= 2.101 . Sehingga bila dimasukkan rumus hipotesis thitung<ttabel, sehingga Ho diterima dan H1 ditolak, berarti tidak ada pengaruh yang signifikan antara masing-masing variabel independen dan variabel dependen. Kesimpulannya adalah terdapat peningkatan hasil treatment antara siswa eksperimen dengan siswa kontrol dengan menggunakan teknik shaping dilihat berdasarkan hasil nilai rata-rata. Dari hasil penelitian merekomendasikan teknik shaping digunakan karna dapat meningkatkan pemahaman siswa, sebaiknya dijadikan sebagai salah satu alternatif teknik yang digunakan dalam meningkatkan disiplin belajar siswa. Kata Kunci : Shaping, Disiplin Belajar

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: DAMANIK
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:56
Last Modified: 30 Aug 2022 07:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/38895

Actions (login required)

View Item View Item