Veronika, Lusiana (2022) HUBUNGAN PERHATIAN ORANGTUA DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DI SMPN 5 KOTA JAMBI. S1 thesis, Bimbingan dan Konseling.
![]() |
Text
Cover Lusiana.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text
Skripsi Lusiana Veronika (A1E118076).pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan, Halaman Persetujuan Lusiana.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK Lusiana.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
Bab I _ Lusiana.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
Bab V_lusiana.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka lusiana.pdf Download (158kB) |
Abstract
ABSTRAK Keluarga adalah tempat pendidikan siswa yang pertama dan utama di kehidupannya. Salah satu bentuknya melalui perhatian yang diberikan oleh orangtua kepada anak-anaknya. Perhatian orangtua yang diberikan kepada anak�anaknya bisa membuat anak untuk lebih mempunyai kesiapan dalam belajar, baik belajar di rumah maupun di sekolah serta perhatian yang diberikan oleh orangtua terhadap anaknya dapat membuat siswa bersemangat dalam melakukan kegiatannya, termasuk akan bisa memotivasi anak untuk belajar dan bisa menjadikan anak disiplin belajarnya. Hal tersebut menjadi dasar tujuan dari penelitian ini yaitu mengungkap (1). Seberapa besar kualitas perhatian orangtua siswa kelas VIII di SMPN 5 Kota Jambi ?, (2). Seberapa besar kualitas disiplin belajar siswa kelas VIII di SMPN 5 Kota Jambi ?, (3). Apakah terdapat hubungan antara perhatian orangtua dengan disiplin belajar siswa kelas VIII di SMPN 5 Kota Jambi ?. Penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Di SMPN 5 Kota Jambi dengan jumlah 389 orang siswa. Dalam penelitian, peneliti menggunakan teknik simple random sampling.Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 197 orang siswa sebagai sampel. Untuk mengetahui ketepatan dan kesahihan instrumen ini dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis dan uji korelasi pearson product moment dengan bantuan program SPSS versi24.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Secara umum kualitas perhatian orangtua di SMPN 5 Kota Jambi yang mencakup pemberian bimbingan, menjaga komunikasi dengan anak, memberikan nasihat dan motivasi, memenuhi kebutuhan anak dan pengawasan terhadap anak berada dalam kategori baik(73,47%), (2). Kualitas disiplin belajar siswa di SMPN 5 Kota Jambi yang mencakup disiplin waktu dan disiplin perbuatan berada dalam kategori baik (75,81%), (3). Hasil penelitian ini menyatakan terdapat hubungan antara perhatian orangtua dengan disiplin belajar siswa di SMPN 5 Kota Jambi, dilihat dari hasil analisis korelasi dan didapatkan nilai Sig sebesar 0.000 < 0.05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya didapatkan r hitung sebesar (0,478) dan ditafsirkan sebagai korelasi sedang (hubungan memadai). Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi perhatian orangtua maka semakin tinggi pula disiplin belajar, begitupun sebaliknya semakin rendah perhatian orangtua maka semakin rendah pula disiplin belajar siswa di SMP Negeri 5 Kota Jambi. Kata kunci : Perhatian Orangtua, Disiplin Belajar
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | VERONIKA |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 07:56 |
Last Modified: | 30 Aug 2022 07:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/38896 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |