PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS MAN 4 MUARO JAMBI

HAKIM TIMORIADY, ARITIA PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS MAN 4 MUARO JAMBI. PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS MAN 4 MUARO JAMBI. (Submitted)

[img] Text
ARITIA HAKIM TIMORIADY RRA1A112086 - ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (315kB)

Abstract

ABSTRAK Kata Kunci: Gaya Belajar dan Hasil Belajar Hasil Belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh pembelajar setelah mengalami proses belajar. Seseorang dapat dikatakan telah belajar sesuatu apabila dalam dirinya telah terjadi suatu perubahan. Beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah dikarenakan gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh gaya belajar visual terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS MAN 4 Muaro Jambi, (2) pengaruh gaya belajar auditorial terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS MAN 4 Muaro Jambi, (3) pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS MAN 4 Muaro Jambi, dan (4) pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS MAN 4 Muaro Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 40 orang siswa yaitu kelas XI IPS sebanyak 40 orang siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket kemudian diolah secara statistik dengan bantuan program SPSS for windows 21. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh gaya belajar visual terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS MAN 4 Muaro Jambi. Hal ini sesuai dengan nilai rata-rata nilai hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar visual sebesar 73,08. Terdapat pengaruh gaya belajar auditorial terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS MAN 4 Muaro Jambi. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar auditorial sebesar 62,08. Terdapat pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS MAN 4 Muaro Jambi. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik sebesar 69,33. Terdapat pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS MAN 4 Muaro Jambi. Pernyataan tersebut sesuai dengan hasil penelitian dimana Fhitung > dibandingkan dengan Ftabel pada taraf kesalahan 5% (α 0,05) dengan Fhitung (4,053) >Ftabel (3,25) atau nilai sig. 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada siswa lebih memilih gaya belajar yang cocok dengan kepribadian siswa tersebut, yang bisa meningkatkan hasil belajarnya.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: ARITIA HAKIM T
Date Deposited: 27 Mar 2018 06:42
Last Modified: 27 Mar 2018 06:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3892

Actions (login required)

View Item View Item