ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X MIA SMAN 9 KOTA JAMBI

Nurlaili, Nurlaili and Bakar, Abu and Afrida, Afrida ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X MIA SMAN 9 KOTA JAMBI. repository unja. (Unpublished)

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (336kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang tersalurkannya keterampilan proses sains siswa yang dapat mengakibatkan tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Penerapan model pembelajaran yang tepat merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran predict observe explain (POE). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran predict observe explain dan pengaruhnya terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di kelas X MIA SMAN 9 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan menggunakan kedua data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model oleh guru maupun siswa dan lembar observasi keterampilan proses sains siswa. Teknik analisis data kualitatif menggunakan Miles and Huberman dan teknik analisis data kuantitatif menggunakan uji korelasi product moment dan uji-t. Keterlaksanaan model POE oleh guru mengalami kenaikan setiap pertemuan, persentase keterlaksanaan model POE oleh siswa sebesar 74,56% dengan kategorikan baik, dan persentase keterampilan proses sains siswa sebesar 73,33% dikategorikan baik. Hubungan keterlaksanaan model POE oleh siswa dengan keterampilan proses sains siswa dikategorikan sangat kuat dengan nilai rxy 0,849. Uji signifikasi diperoleh thitung > ttabel (9,013>2,036) dengan dk 32 dan α = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran POE pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa di kelas X MIA SMAN 9 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NURLAILI
Date Deposited: 27 Mar 2018 06:42
Last Modified: 27 Mar 2018 06:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3899

Actions (login required)

View Item View Item