HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DI SMP NEGERI 22 KABUPATEN TEBO

RAHAYU, INDAH SRI HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DI SMP NEGERI 22 KABUPATEN TEBO. BIMBINGAN DAN KONSELING. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH indah.pdf

Download (262kB)

Abstract

ABSTRAK Judul Skripsi : “Hubungan Interaksi Sosial Dengan Komunikasi Interpersonal Siswa di SMP Negeri 22 Kabupaten Tebo “. Nama : INDAH SRI RAHAYU NIM : RRAIE113017 Pembimbing Skripsi I : Drs. H. Rasimin, M.Pd Pembimbing Skripsi II : Drs. Nelyahardi Gutji, M.Pd Kata kunci : Interaksi Sosial, Komunikasi Interpersonal, Siswa Interaksi sosial yang baik ditandai dengan adanya komunikasi yang lancar dan adanya kesamaan makna antara komunikan dan komunikator. Fenomena berkaitan dengan interaksi sosial siswa di SMP Negeri 22 Kabupaten Tebo. Ada siswa yang diabaikan oleh teman-temannya, disebabkan karena siswa tersebut pendiam dan tidak mau bermain bersama teman-temannya. Saat diajak berbicara, siswa tersebut merasa malu dan tidak yakin dengan apa yang diucapkan, Berdasarkan uraian diatas maka judul dalam penelitian ini mengenai hubungan interaksi sosial dengan komunikasi interpersonal siswa di SMP Negeri 22 Kabupaten Tebo. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini antara lain: Untuk mengungkap hubungan interaksi sosial dengan komunikasi interpersonal siswa di SMP Negeri 22 Kabupaten Tebo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 22 Kabupaten Tebo khususnya pada kelas VII. Penelitian adalah korelasi karena di dalam penelitian ini, peneliti berusaha untuk menemukan ada tidaknya hubungan interaksi sosial dengan komunikasi interpersonal siswa di SMP Negeri 22 Kabupaten Tebo dengan jumlah sampel 96 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Terdapat terdapat korelasi antar interaksi sosial (X) dengan variabel komunikasi interpersonal (Y) siswa kelas VII di SMP Negeri 22 Kabupaten Tebo. Dengan perhitungan koefisien rxy hitung sebesar 0,591 lebih besar dari r tabel sebesar 0,2006. rhitung >rtabel (0,591 > 0,2006). Dilihat dari uji analisis pada taraf signifikansi 5% menunjukkan nilai thitung>ttabel(7.105 > 1.9855). Kesimpulan dari hasil penelitian maka ditemukan menunjukkan bahwa peningkatan dan penurunan interaksi sosial berhubungan dengan komunikasi interpersonal siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: INDAH SRI RAHAYU
Date Deposited: 27 Mar 2018 08:02
Last Modified: 27 Mar 2018 08:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3901

Actions (login required)

View Item View Item