ANDI ASHIDDIQI, MUHAMMAD KEMAMPUAN SISWA KELAS IX G MTS NEGERI MODEL KOTA JAMBI DALAM MENULIS TEKS PIDATO TAHUN AJARAN 2017/2018. KEMAMPUAN SISWA KELAS IX G MTS NEGERI MODEL KOTA JAMBI DALAM MENULIS TEKS PIDATO TAHUN AJARAN 2017/2018. (Submitted)
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (100kB) |
Abstract
ABSTRAK Ashiddiqi, M. Andi. 2018. Kemampuan Siswa Kelas IX G Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Kota Jambi dalam Menulis Teks Pidato Tahun Ajaran 2017/2018: Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. Kamaruddin, M.Pd (II) Drs. Akhyaruddin. M.Hum. Kata Kunci : Kemampuan menulis teks pidato Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan kemampuan menulis teks pidato pada bagian pembukaan, bagian isi, bagian penutup, penggunaan ejaan dan penggunaan bahasa. Manfaat penelitian ini berguna sebagai masukan bagi guru yang mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya guru di MTs Negeri Model Kota Jambi. Data diperoleh menggunakan metode deskriptif kuantitatif pada bulan Februari 2018. Data diperoleh dari hasil tes menulis teks pidato siswa kelas IX G dengan memperhatikan beberapa aspek, yakni: bagian pembukaan, bagian isi, bagian penutup, penggunaan ejaan dan penggunaan bahasa. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX G MTs Negeri Model Kota Jambi yang berjumlah 42 siswa. Adapun siswa perempuan berjumlah 32 siswa dan laki-laki berjumlah 10 siswa. Instrument yang digunakan adalah tes unjuk kinerja. Berdasarkan hasil penelitian yaitu kemampuan siswa kelas IX G MTs Negeri Model Kota Jambi dalam menulis teks pidato berkategori cukup mampu dengan Indeks Penilaian 72,59. Aspek bagian pembukaan berkategori cukup mampu dengan Indeks Penilaian 72. Aspek bagian isi berkategori cukup mampu dengan Indeks Penilaian 63,65. Aspek bagian penutup berkategori mampu dengan Indeks Penilaian 78,25. Aspek penggunaan ejaan berkategori cukup mampu dengan Indeks Penilaian 64,55. Sedangkan aspek penggunaan bahasa berkategori mampu dengan Indeks Penilaian 84,5. Dengan demikian kemampuan siswa kelas IX G MTs Negeri Model Kota Jambi dalam menulis teks pidato berkategori cukup mampu. Disarankan agar guru kelas IX G MTs Negeri Model Kota Jambi dapat terus meningkatkan kemampuan siswa pada aspek bagian pembukaan, isi, dan penggunaan ejaan dalam menulis teks pidato.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | M. ANDI ASHIDDIQI |
Date Deposited: | 28 Mar 2018 01:17 |
Last Modified: | 28 Mar 2018 01:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3905 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |