IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Pebrian, Diki (2022) IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1. Skripsi Sidang Diki FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (40kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN dan PENGESAHAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pebrian, Diki : “Implementasi Model Project Based Learning pada Pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (1) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si (2) Hendra Budiono, S.Pd,.M.Pd Kata Kunci : Project Based Learning, Guru, IPA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan mengenai Implementasi Model Project Based Learning pada Pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif,dengan pendekatan penelitian berupa deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri 35/I Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber yang diwawancara dalam penelitian ini adalah guru kelas IV. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman ( Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas IV SD Negeri 35/I Tebing Tinggi telah mengimplementasikan model Project Based Learning pada pembelajaran IPA. Dari pelaksanaannya, ada enam tahapan yang harus dikuasai guru dalam menerapkan model pembelajaran Project Based Laerning, yaitu: 1). Penentuan pertanyaan mendasar, 2) Mendesain Perencanaan, 3) Menyusun Jadwal, 4) Memnonitor siswa dan kemajuan proyek, 5). Menguji Hasil, dan 6) Mengeveluasi pengalaman. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru telah menguasai tahapan-tahapan dalam pelaksanaan pembelajaran Project Based Learning pada pembelajaran IPA di Kelas IV dengan baik, serta guru juga telah mampu untuk mengatasi hambatan-hambatan yang dialamin seperti permasalahan dalam waktu pelaksanaan kegiatan serta permasalahan dalam keterampilan siswa dalam menyimpulkan hasil pembelajaran dengan menggunakan starategi yang telah disiapkan oleh guru kelas IV itu sendiri dan juga guru kelas IV tersebut telah menghasilkan beberapa proyek dari hasil pembelajaran yang telah mereka lakukan pada pembelajaran-pembelajaran sebelumnya, seperti gambar yang telah di tempelkan di dinding kelas yakni gambar siklus hidup kupu-kupu, siklus hidup belalang

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PROJECT BASED LEARNING, GURU, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Pebrian
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:47
Last Modified: 08 Sep 2022 04:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39093

Actions (login required)

View Item View Item