PERSYARIKATAN MUHAMMADIYAH DALAM PEMBAHARUAN PENDIDIKAN DI INDONESIA 1911-1923

Sukardi, Muhammad (2022) PERSYARIKATAN MUHAMMADIYAH DALAM PEMBAHARUAN PENDIDIKAN DI INDONESIA 1911-1923. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
persetujuan.pdf

Download (32kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (35kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (89kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Sukardi, Muhammad. 2022. Persyarikatan Muhammadiyah Dalam Pembaharuan Pendidikan Di Indonesia 1911-1923: Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Budi Purnomo, M.Hum, M.Pd. (II) Nelly Indrayani, S.Hum, M.Hum. Kata Kunci: Persyarikatan Muhammadiyah, Pembaharuan Pendidikan, Pendidikan di Indonesia. Keadaan pendidikan di Indonesia pada masa penjajahan kolonial Belanda sangat tertinggal jauh, yang mengakibatkan masyarakat pribumi mengalami kebodohan, kemiskinan, ketertinggalan dan keterpurukan yang sudah lama terjadi di lingkungannya. Sehingga tujuan dari penelitian ini yakni, untuk mengetahui (1) pendidikan di Indonesia sebelum adanya pendidikan Muhammadiyah, (2) pembaharuan pendidikan yang dilakukan Muhammadiyah, dan (3) hambatan dan solusi Muhammadiyah dalam pembaharuan pendidikan di Indonesia. Untuk menjawab dari permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian sejarah yang meliputi heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat dari (1) keadaan pendidikan di Indonesia sebelum adanya pendidikan Muhammadiyah masih terjadi dua arah sistem pendidikan antara pendidikan barat dan pendidikan pesantren. Keadaan pendidikannya masih diskriminatif membeda-bedakan antara orang-orang keturunan Belanda dengan penduduk pribumi. (2) Persyarikatan Muhammadiyah telah berhasil melakukan pembaharuan pendidikan dengan mendirikan sekolah pertamanya pada tahun 1911 dengan nama Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Islamiyah. Sekolah ini merupakan sekolah modern yang telah menyatukan antara pendidikan agama dan pendidikan umum dan sekolah ini mampu menjawab keadaan saat itu. Pembaharuan yang dilakukan dapat dilihat dari tujuan pendidikan, kurikulum, sarana prasarana, dan pendidikan lintas iman. (3) Hambatan dan solusi yang dialami oleh Persyarikatan Muhammadiyah dalam melakukan pembaruan pendidikan adalah Muhammadiyah mendapatkan pertentangan dari kaum tradisional. Adapun solusi untuk melakukan pembaharuan yakni, Ahmad Dahlan seorang pendiri Muhammadiyah bergabung dengan Budi Utomo dan menjadi guru Kweekschool di Jetis.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persyarikatan Muhammadiyah, Pembaharuan Pendidikan, Pendidikan di Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Sukardi
Date Deposited: 08 Sep 2022 06:53
Last Modified: 08 Sep 2022 06:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39106

Actions (login required)

View Item View Item