APRIMILNA, ELA (2022) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X IPS 2 SMAN 3 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Skripsi Ela Aprimilna A1A218055.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
123456jjjjj.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
hhhhh.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
BAB I_.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
BAB IV_.pdf Download (583kB) |
![]() |
Text
BAB V_.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
Lampiran_.pdf Download (1MB) |
Abstract
Milna, Ela Apri. 2022. Penerapan model project based learning berbasis media video pembelejaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 2 SMAN 3 Kota Jambi. Pembimbing (I) Drs. Budi Purnomo, M.Hum., M.Pd. (II) Amir Syarifuddin, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), Video Pembelajaran, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional dan tidak didukung oleh media pemebelajaran, Membuat siswa kurang aktif atau bersifat pasif saat pembelajaran berlangsung yang dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan indikator peningkatan hasil belajar siswa kelas X IPS 2 SMAN 3 Kota Jambi dengan menggunakan model project based learning berbasis media video pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau classroom action research dengan pelaksanaannya 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Setiap siklus mempunyai empat tahapan perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi dan analisis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah analisis deskriptif. Sedangkan data dalam peneltian ini diperoleh dari hasil observasi/ pengamatan, tes dan dokumntasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model project based learning berbasis media Video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah di SMA 3 Kota Jambi, hal ini dapat dilihat bahwa pada siklus I hanya 55,55% siswa yang mencapai kategori tuntas, dengan rata rata nilai 67,77. Pada siklus II siswa seluruhnya 100% dinyatakan berhasil mencapai kategori tuntas, dengan rata-rata nilai 80,27. Dari hasil observasi aktivitas beajar siswa pada siklus I memperoleh nilai 65,54%. Sedangkan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus II menglami peningkatan dengan nilai 83,28%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas X IPS 2 SMAN 3 Kota Jambi dengan menggunakan model project based learning berbasis media video pembelejaran. Oleh karena itu, model project based learning dapat digunakan oleh pihak sekolah dalam proses pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran secara tatap muka terbatas dapat berjalan secara efektif dan efisien.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PROJECT BASED LEARNING (PJBL), VIDEO PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | APRIMILNA |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 06:53 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 06:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39154 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |