Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Dasar II Berbasis STEM menggunakan Model Problem Based Learning pada Materi Suhu dan Kalor

Arliani, Yuni (2022) Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Dasar II Berbasis STEM menggunakan Model Problem Based Learning pada Materi Suhu dan Kalor. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
HALAMAN-PENGESAHAN.pdf

Download (489kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Arliani, Yuni. 2022. Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Dasar II berbasis STEM menggunakan model Problem Based Learning pada Materi Suhu dan Kalor: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Nehru, S.Si., M.T., (II) Dian Pertiwi Rasmi, S.Pd., M.Pd., (III) Cicyn Riantoni, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Penuntun Praktikum Dasar II, Suhu dan Kalor, Problem Based Learning, STEM. Penilitian ini dilatar belakangi oleh analisis peneliti terhadap penuntun praktikum Fisika Dasar II yang ada di Laboratorium Universitas Jambi. Dimana buku panduan penuntun praktikum Fisika Dasar II yang digunakan mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi masih menggunakan penuntun praktikum yang belum dilengkapi dengan model pembelajaran dan pendekatan yang terarah. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi baru dalam mengembangkan penuntun praktikum Fisika Dasar II yang disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa dan perkembangan zaman. Salah satu solusi yang dapat diberikan oleh peneliti yaitu dengan mengembangkan penuntun praktikum Fisika Dasar II yang berbasis STEM dan dilengkapi dengan model Problem Based Learning pada materi Suhu dan Kalor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari penuntun praktikum fisika dasar II berbasis STEM menggunakan model Problem Based Learning pada materi suhu dan kalor, serta mengetahui persepsi Asisten Praktikum dan Mahasiswa terhadap penuntun praktikum yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi yang sudah mempelajari materi fisika dasar mengenai suhu dan kalor, dengan sampel yang digunakan ialah 8 orang asisten praktikum Fisika Dasar II dan 29 orang mahasiswa Pendidikan Fisika kelas Reguler A tahun 2021. Hasil uji kelayakan terhadap produk yang dikembangkan menunjukkan bahawa penuntun praktikum fisika dasar II berbasis STEM menggunakan model Problem Based Learning layak digunakan, dengan nilai rata-rata oleh validasi ahli media sebesar 95% dengan kategori sangat baik, untuk validasi ahli materi diperoleh nilai rata-rata sebesar 90% dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil uji persepsi asisten praktikum dan mahasiswa terhadap penuntun praktikum yang dikembangkan diperoleh nilai rata-rata sebesar 87% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahawa penuntun praktikum Fisika Dasar II menggunakan model PBL pada materi suhu dan kalor layak untuk digunakan dalam proses pelaksanaan praktikum. Arliani, Yuni. 2022. Development of a STEM-based Basic Physics Practicum Guide using a Problem Based Learning model on Temperature and Heat Material: Thesis, Department of Mathematics and Natural Sciences Education, FKIP Jambi University, Supervisor (I) Nehru, S.Si., M.T., (II ) Dian Pertiwi Rasmi, S.Pd., M.Pd., (III) Cicyn Riantoni, S.Pd., M.Pd. Keywords: Basic Practicum Guide II, Temperature and Heat, Problem Based Learning, STEM. This research was motivated by the researcher's analysis of the Basic Physics II practicum guide at the Jambi University Laboratory. Where the Basic Physics II practicum guide book used by Physics Education students at the University of Jambi still uses a practicum guide that has not been equipped with learning models and directed approaches. Therefore, there is a need for new innovations in developing Basic Physics II practicum guides that are tailored to the needs of students and the times. One solution that can be given by researchers is to develop a STEM-based Basic Physics II practicum guide and is equipped with a Problem Based Learning model on the material of Temperature and Heat. This study aims to determine the feasibility of a STEM-based basic physics practicum guide using the Problem Based Learning model on temperature and heat materials, and to determine the perception of Practicum Assistants and Students on the developed practicum guide. This research is a development research (Research and Development) using the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The population used in this study were all Physics Education students at the University of Jambi who had studied basic physics material regarding temperature and heat, with the samples used were 8 Basic Physics II practicum assistants and 29 Physics Education students for Regular A class in 2021. The results of the feasibility test on the developed product indicate that the STEM-based basic physics practicum guide using the Problem Based Learning model is feasible, with an average value by media expert validation of 95% with a very good category, for material expert validation an average value is obtained. by 90% with very good category. While the results of the perception test of practicum assistants and students on the developed practicum guide obtained an average value of 87% with a very good category. Based on the results of the study, it can be concluded that the Basic Physics II practicum guide using the PBL model on temperature and heat material is feasible to be used in the process of implementing the practicum.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penuntun Praktikum Dasar II, Suhu dan Kalor, Problem Based Learning, STEM.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Arliani
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:48
Last Modified: 13 Sep 2022 03:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39189

Actions (login required)

View Item View Item