Eviliana, Novia and Mulyadi, Mulyadi and Wulan Tersta, Friscilla (2022) STUDI FENOMENOLOGI: PENGALAMAN MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS JAMBI DALAM PENGGUNAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) DI MASA PANDEMI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Skripsi Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (55kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (134kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengalaman mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi terhadap proses pembelajaran menggunakan Learning Management System pada masa pandemi. Penelitian ini dilakukan di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi pada bulan Juni 2022 – Juli 2022. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, FGD (focus Group Discussion) dan dokumen dari beberapa mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi untuk mengetahui pengalaman mereka pada proses pembelajaran menggunakan Learning Management System pada masa pandemi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengalaman yang dialami oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab mengenai proses pembelajaran menggunakan Learning Management System pada masa pandemi pada dasarnya LMS cukup mempermudah proses pembejalaran secara daring. Namun, terdapat beberapa kendala dalam proses dan faktor faktor yang menyebabkan proses pembelajaran dengan Learning Management System. Berdasaarkan pengalaman partisipan kendala tersebut adalah jarinagn internet yang kurang mendukung dan minimnya sosialisai atau tutor mengenai prmbrlajaran menggunakan e-learning, Adapun faktor lain yaitu budaya self-learning dimana motivasi belajar mahasiswa tergantung pada dosen yang bersangkutan. Dari hasil penelitian ini disarankan agar dosen dapat memberi sosialsiasi atau tutor mengenai penggunaan Learning Management System agar Mahasiswa dapat lebih memahami penggunaan media tersebut dalam proses pembelajaran, selain itu dosen dapat membantu Mahasiswa untuk menumbuhkan budaya self-learning dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Pengalaman, LMS, Pandemi
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengalaman, LMS, Pandemi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab |
Depositing User: | EVILIANA |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 06:41 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 06:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39191 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |