PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASISMASALAH MENGGUNAKAN AURORA 3DPRESENTATION DAN WINDOWS MOVIE MAKER PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP N 20 MUARO JAMBI

Mujahid, Ahmad PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASISMASALAH MENGGUNAKAN AURORA 3DPRESENTATION DAN WINDOWS MOVIE MAKER PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP N 20 MUARO JAMBI. repositori unja. (Submitted)

[img] Text (Artikel RRA1C210058)
Artike RRA1C210058.pdf

Download (400kB)

Abstract

Ahmad Mujahid1), Jefri Marzal2), Yelli Ramalisa2) 1) Alumni Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi 2) Dosen Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi Email :ahmad_mujahid57@yahoo.com ABSTRAK Pembelajaran matematika dengan materi Aritmatika sosial merupakan pembelajaran yang cukup membingungkan bagi siswa.Salah satu sebabnya adalah keterbatasan sumber belajar yang hanya pada buku teks saja. Media pembelajaran yang menarik tentunya akan meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran matematika, salah satunya mengembangkanMedia Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Aurora 3D Presentation dan Windows Movie maker pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Tujuan penelitian ini adalah mengembangkanMedia Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Aurora 3D Presentation dan Windows Movie maker pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Di Kelas VII SMPserta untuk mengetahui persepsi siswa terhadapmedia pembelajaran yang telah dibuat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini memanfaatkan software Aurora 3D Presentation dan Windows Movie maker Dengan Pendekatan Berbasis Masalahdalam pembuatan media pembelajaran dan pemberian angket untuk mengetahui persepsi siswa.Setelah media pembelajaran dibuat maka media pembelajaran tersebut divalidasi oleh ahli.Validasi dilakukan oleh tiga ahli, instrumen, materi dan ahli media pembelajaran sehingga media pembelajaran dinyatakan layak untuk diujicobakan.Setelah media pembelajaran divalidasi dan direvisi, maka selanjutnya dilakukan ujicoba.Uji coba dilakukan dengan meminta tanggapan dari guru matematika dan siswa sebagai subjek penelitian.Berdasarkan hasil ujicoba tersebut, media pembelajaran kembali direvisi jika kembali ditemukan kelemahan dan dilakukan evaluasi dan perbaikan sesuai saran dan komentar para ahli. Selanjutnya media pembelajaran tersebut diterapkan pada kegiatan pembelajaran yang sebenarnya pada siswa kelas VII di SMP Negeri 20 Muaro Jambi Dari hasil pengembangan yang dilakukan terhadap angket persepsi siswa mengenai media yang telah dibuat pada materi peluang, dihitung dengan rata-rata dari 5 indikator yaitu mencapai 87% siswa menjawab baik dan sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dengan menggunakan Aurora 3D Presentation dan Windows Movie maker Dengan Pendekatan Berbasis Masalah dinyatakan layak dijadikan sebagai sumber belajar alternatif untuk siswa. Kata Kunci : Pengembangan media pembelajaran, Aurora 3D Presentation, Windows Movie maker, PBL, Persepsi, Aritmatika Sosial.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: AHMAD MUJAHID
Date Deposited: 29 Mar 2018 01:18
Last Modified: 29 Mar 2018 01:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3923

Actions (login required)

View Item View Item