Rahmadani, Cici (2022) PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL PEMBUATAN BAKSO CINCINUT (Cerithidea spp.) DALAM MEMANFAATKAN KEKAYAAN LOKAL JAMBI BERBASIS NILAI ENTREPRENEURSHIP UNTUK SISWA SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
cover.pdf Download (984kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (473kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
Cici Rahmadani_A1C418013_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (156kB) |
Abstract
Pembelajaran merupakan suatu proses situasi yang dirancang sedemikian rupa yang bertujuan untuk memberikan kemudahan agar tercapainya tujuan pembelajaran. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang cepat menuntut pendidik untuk selalu melakukan pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar mengajar agar terciptanya suatu bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video tutorial pembuatan bakso kerang cincinut (Cerithidea Spp.) berbasis nilai entrepreneurship untuk siswa SMA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Tim validator terdiri atas ahli media dan ahli materi. Subjek uji coba dari penelitian ini adalah guru bidang studi biologi dan siswa kelas X MAN 2 Kuala Tungkal dengan jumlah siswa yaitu 30 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan skor yang diperoleh melalui angket. Pengembangan video tutorial berbasis entrepreneurship melalui proses validasi ahli materi dan ahli media. Validasi ahli materi dilakukan sebanyak 2 kali dengan memperoleh persentase akhir 92% yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Selanjutnya, penilaian ahli media memperoleh persentase 87% yang masuk kedalam kategori “sangat baik”. Hasil ujicoba guru bidang studi biologi pada aspek materi memperoleh persentase 87,5%, aspek ketertarikan yaitu 91%, dan aspek kualitas yaitu 84% yang sama-sama termasuk kedalam kategori “sangat baik”. Selanjutnya persepsi siswa terhadap video tutorial secara umum juga sudah sangat baik. Persentase yang diperoleh pada aspek materi yaitu 86%, aspek ketertarikan yaitu 86%, dan aspek kualitas penggunaan sebesar 90,2% yang sama-sama termasuk ke dalam kategori “sangat baik”. Dengan demikian, video tutorial pembuatan bakso kerang cincinut (Cerithidea Spp.) berbasis nilai entrepreneurship dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran materi animalia sub materi peranan Mollusca dalam kehidupan. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai entrepreneurship yang diintegrasikan ke dalam video tutorial adalah inovasi dan kreativitas, percaya diri, komitmen, dan kerja keras.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video tutorial, Kerang Cincinut (Cerithidea Spp.), Nilai-nilai Entrepreneurship |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Rahmadani |
Date Deposited: | 12 Sep 2022 04:27 |
Last Modified: | 12 Sep 2022 04:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39288 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |