HAMIDAYANI, KANA MENINGKATKAN KERJA SAMA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS IV C SD NEGERI NO. 64/1 MUARA BULIAN. JURNAL MENINGKATKAN KERJA SAMA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS IV C SD NEGERI NO. 64/1 MUARA BULIAN.
Text
KANA HAMIDAYANI A1D114019 - ARTIKEL.pdf Download (365kB) |
Abstract
MENINGKATKAN KERJA SAMA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS IV C SD NEGERI NO. 64/1 MUARA BULIAN Oleh : KANA HAMIDAYANI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAMBI 2018 ABSTRAK Hamidayani, K. 2018. Meningkatkan Kerja Sama Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Di Kelas IV C SD Negeri No. 64/1 Muara Bulian. Pembimbing 1. Drs. Maryono, M.pd; Pembimbing II. Silvina Noviyanti, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini diawali dengan peneliti melakukan observasi Prasiklus di kelas IV C SD Negeri No. 64/1 Muara Bulian dan ternyata kerja sama peserta didik rendah dan perlu ditingkatkan. Hal tersebut disebabkan guru belum membagi kelompok belajar peserta didik secara heterogen. Akibatnya, mereka terus saja bermain yang membuat tugas mereka tidak selesai. Saat tugas kelompok dikerjakan oleh setiap kelompok, guru hanya memberikan tugas tanpa melakukan pengawasan lanjut seperti membimbing kelompok untuk berdiskusi. Guru kurang tepat dan jelas saat memberikan peraturan untuk mengerjaan tugas kelompok. Saat proses diskusi kelompok, peserta didik yang pintar di dalam kelompoknya lebih mendominasi kelompok. Sedangkan peserta didik yang berkemampuan rendah hanya menunggu apa yang dikerjakan temanya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kerja sama peserta didik dalam pembelajaran melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas IV C SD Negeri No. 64/1 Muara Bulian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang membahas bagaimana cara guru meningkatkan kerja sama peserta didik melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas IV C SD Negeri No. 64/1 Muara Bulian. Model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) yang akan digunakan dalam penelitian yaitu menyampaikan tujuan dan motivasi peserta didik, membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok kecil dengan jumlah 4-5 orang secara heterogen, menyajikan informasi pembelajaran, guru memberikan tugas kepada anggota kelompok untuk dikerjakan sescara bersama-sama, guru membimbing diskusi kelompok, guru memberikan kuis atau pertanyaan bagi peserta didik, pemberian penghargaan bagi kelompok yang mendapatkan nilai tertinggi, dan guru memberikan evaluasi dan kesimpulan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Pada setiap pertemuan akan dilakukan empat tahap yaitu perencanaan, Kana Hamidayani FKIP S-1 PGSD Page 2
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | KANA HAMIDAYANI |
Date Deposited: | 29 Mar 2018 06:54 |
Last Modified: | 29 Mar 2018 06:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3929 |
Actions (login required)
View Item |