MONICA, RIRIN PENGEMBANGAN MEDIA DAKON BILANGAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MELATIH PEMAHAMAN KONSEP FPB DAN KPK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. PENGEMBANGAN MEDIA DAKON BILANGAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MELATIH PEMAHAMAN KONSEP FPB DAN KPK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. (Submitted)
Text
RIRIN MONICA A1D114018 - ARTIKEL PDF.pdf Download (502kB) |
Abstract
ABSTRAK Monica, R. 2018. Pengembangan Media Dakon Bilangan Pada Pembelajaran Matematika Untuk Melatih Pemahaman Konsep FPB dan KPK Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi Dosen Pembimbing I. Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si, Pembimbing II. Agung Rimba Kurniawan, SPd., M.Pd. Media pembelajaran sangatlah diperlukan pada pembelajaran yang bersifat abstrak seperti matematika karena tidak sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar. Dimana siswa pada usia ini masih belajar menggunakan hal-hal yang nyata, untuk itu perlu adanya penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Melalui observasi siswa mengalami kesulitan belajar matematika terkhususnya materi KPK dan FPB. Selain itu proses pembelajaran yang dilaksanakan belum sesuai dengan yang diharapkan dikarenakan kurangnya ketersediaan media pembelajaran. Di dasarkan pada analisis tersebut, sehingga sangat penting untuk dilakukan pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan model Hannafin & Peck, mengetahui kevalidan media, mengetahui kepraktisan media, dan mengetahui keefektifan media pembelajaran pada materi KPK dan FPB di kelas IV Sekolah Dasar. Tahap penelitian ini menggunakan model pengembangan Hannafin & Peck dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 198/1 Pasar Baru. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen kevalidan, kepraktisan dan instrumen keefektifan. Hasil penelitian ini berupa prosedur pengembangan yang menghasilkan sebuah produk berupa media dakon bilangan yang valid, praktis dan efektif. Hasil validasi media memperoleh persentase keseluruhan 97,69 % dan validasi materi mendapat persentase keseluruhan 86,13 %. Untuk keefektifan media termasuk pada klasifikasi tinggi dengan nilai 0,702 dan media dakon bilangan dinyatakan efektif. Hasil dari angket respon guru memperoleh persentase keseluruhan 90% dan respon siswa memperoleh persentase 91,68 %. Kesimpulan penelitian ini ialah mengetahui prosedur pembuatan produk dengan hasil berupa media dakon bilangan. Kevalidan media diperoleh dari validasi media dan materi termasuk dalam kategori sangat valid. Kepraktisan media melalui angket respon guru dan respon siswa termasuk dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan dari peningkatan hasil belajar siswa media dakon bilangan dinyatakan efektif. Kata Kunci : Pengembangan Media Dakon Bilangan, Pembelajaran Matematika, FPB dan KPK
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | RIRIN MONICA |
Date Deposited: | 29 Mar 2018 06:54 |
Last Modified: | 29 Mar 2018 06:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3932 |
Actions (login required)
View Item |