Handayani, Nuning Tri (2022) Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Dasar II Berbasis STEM Menggunakan Model Problem Based Learning pada Materi Pembiasan Cahaya. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
cover.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL - (A1C318088) NUNING TRI HANDAYANI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan bahan ajar yang digunakan belum memenuhi kebutuhan mahasiswa. Salah satu solusi yang dapat dilakukan yaitu mengembangkan bahan ajar berupa penuntun praktikum. Penuntun praktikum berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) menggunakan model Problem Based Learning diharapkan mampu membuat mahasiswa mengidentifikasi dan menganalisis, sehingga mahasiswa dapat merancang hal yang serupa dengan bahan-bahan yang telah ditentukan dalam penuntun praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penuntun praktikum fisika dasar II berbasis STEM menggunakan model Problem Based Learning pada materi pembiasan cahaya dan mengetahui bagaimana persepsi asisten praktikum dan mahasiswa terhadap penuntun praktikum yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba pada penelitian pengembangan ini yaitu di ujicobakan pada asisten praktikum Fisika Dasar dan subjek lainnya untuk Pendidikan Fisika reguler A angkatan 2020. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi dan media serta angket persepsi asisten praktikum dan mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Penuntun praktikum divalidasi dengan beberapa revisi sehingga mendapatkan hasil validasi dengan rata-rata sebesar 3,46 (kategori sangat baik) untuk ahli materi dan sebesar 3,52 (kategori sangat baik) untuk ahli media. Kemudian untuk uji coba dilakukan dengan kelompok terbatas. Hasil uji coba kelompok kecil didapatkan rata-rata sebesar 2,98 (kategori baik) untuk hasil persepsi asisten praktikum dan sebesar 3,01 (kategori baik) untuk hasil persepsi mahasiswa. Berdasarkan hasil yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa penuntun praktikum Fisika Dasar II berbasis STEM menggunakan model Problem Based Learning pada materi pembiasan cahaya yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai sumber belajar. Adapun saran dari penelitian pengembangan ini yaitu perlu dilakukan evaluasi dan uji coba lapangan untuk mengetahui efektivitas produk yang dikembangkan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penuntun Praktikum, STEM, Problem Based Learning, Pembiasan Cahaya |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | HANDAYANI |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 03:48 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 03:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39323 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |