Selviani, Rika (2022) Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Dasar I Berbasis STEM Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Pengukuran. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER .pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL (Rika Selviani_A1C318108).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pedoman praktikum Fisika Dasar I yang digunakan saat ini terdiri dari beberapa bagian yaitu: judul, tujuan praktikum, landasan teori, prosedur kerja, analisis data dan tugas. Mahasiswa tinggal melaksanakan praktikum, tanpa membuat rancangan percobaan terlebih dahulu. Kenyataannya dalam pelaksanaan petunjuk praktikum yang digunakan selama ini kurang mengembangkan keterampilan ilmiah dan menyebabkan mahasiswa lebih cenderung pasif dalam melakukan kegiatan praktikum.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengembangan penuntun praktikum yang dikembangkan dan mengetahui persepsi asisten laboratorium dan mahasiswa terhadap penuntun praktikum yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Namun, penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap Development saja. Produk penuntun praktikum yang dikembangkan telah dilakukan validasi ahli media, ahli materi, persepsi asisten laboratorium dan persepsi mahasiswa terhadap produk penuntun praktikum. Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu asisen laboratorium dan mahasiswa pendidikan fisika Universitas Jambi. Hasil penelitian ini berupa produk penuntun praktikum Fisika Dasar I berbasis STEM menggunakan model inkuiri terbimbing pada materi pengukuran. Adapun hasil penilaian validasi dari produk penuntun praktikum yang dikembangkan pada validasi ahli materi diperoleh nilai rata-rata 3,43 dengan kategori sangat baik dan pada validasi ahli media diperoleh nilai rata-rata 3,62 dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil persepsi asisten laboratorium diperoleh nilai rata-rata 2,91 dan persepsi dengan nilai rata-rata 2,90 dengan kategori baik Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa produk penuntun praktikum Fisika Dasar I berbasis STEM menggunakan model inkuiri terbimbing pada materi pengukuran mendapat tanggapan yang baik dan dapat dipahami oleh asisten laboratorium dan mahasiswa serta dapat dilanjutkan ketahap selanjutnya. Saran pada penelitian ini yaitu perlu dilakukan evaluasi lapangan dan uji coba lapangan untuk mengetahui efektivitas produk penuntun yang dikembangkan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penuntun Praktikum, STEM, Inkuiri Terbimbing, Pengukuran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | selviani |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 03:48 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 03:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39328 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |