Adelia, Chairani Analisis Keterlaksanaan Pendekatan SETS Dalam Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Asam Basa Di SMAN 1 Kota Jambi. ARTIKEL.
Text
RSA1C112016-ARTIKEL.pdf Download (318kB) |
Abstract
Model pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari.Pendekatan SETS/SaLingTeMas itu sendriri adalah salah satu pendekatan yang bisa dijadikan sebagai alternatif karena diawali dengan konsep-konsep yang sederhana yang terdapat di lingkungan sekitar kehidupan sehari-hari peserta didik baik konsep-konsep rumit sains maupun non sains. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan pendekatan SETS dalam model CTL pada materi asam basa serta pengaruhnya penerapannya terhadap kemampuan kognitif siswa di SMAN 1 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain penelitian yaitu one group pretest-postest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dimana ada 8 orang siswa kelas XI MIPA 6 yang dijadikan subjek penelitian. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan guru dan siswa dalam pelaksanaan pendekatan SETS dalam model CTL serta soal tes untuk melihat kemampuan kognitif siswa . Hasil dari lembar observasi siswa menunjukkan rata-rata persentase dari 3 pertemuan ialah 76,11% dengan kategori baik, dari lembar observasi guru didatkan rata-rata 63,83 % dan rata-rata pretest 59 serta rata-rata nilai posttest 78,7 yang memandakan ketuntasan daalam mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan namun rendah antara keterlaksanaan pendekatan SETS terhadap kemampuan kognitif siswa kelas XI IPA 6 di SMA Negeri 1 Kota Jambi pada materi Asam Basa, dengan nilai r=0,256. Dengan r2 didapat 6,5536% menunjukkan sumbangan dari keterlaksanaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) siswa terhadap pembentukan kemampuan kognitif siswa sebesar 6,5536% sedangkan sisanya adalah sumbangan dari variabel lain yang tidak diketahui.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | CHAIRANI ADELIA |
Date Deposited: | 29 Mar 2018 06:57 |
Last Modified: | 29 Mar 2018 06:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3934 |
Actions (login required)
View Item |