Janiasari, Janiasari Kemampuan Menulis Paragraf Deskriptif Berdasarkan Media Gambar Siswa Kelas VII B SMP Negeri 8 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018. JURNAL Kemampuan Menulis Paragraf Deskriptif Berdasarkan Media Gambar Siswa Kelas VII B SMP Negeri 8 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018.
![]() |
Text
artikel JANIA.pdf Download (184kB) |
Abstract
ABSTRAK Janiasari. 2017. Kemampuan Menulis Paragraf Deskriptif Berdasarkan Media Gambar Siswa Kelas VII B SMP Negeri 8 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing Skripsi: (1) Dr.Hary Soedarto Harjono, M.Pd (2) Rustam, S.Pd, M.Hum. Kata Kunci: Kemampuan, menulis, paragraf deskriptif, media gambar Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis paragraf deskriptif berdasarkan media gambar siswa kelas VII B SMP Negeri 8 Kota Jambi dari 4 aspek penilaian paragraf deskriptif. Jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data penelitian adalah kemampuan siswa kelas VII B SMP Negeri 8 Kota Jambi dan sumber data penelitian adalah paragraf deskriptif yang telah dibuat oleh siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kepada siswa kelas VII B SMP Negeri 8 Kota Jambi yang berjumlah 29 siswa yang dijadikan sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis paragraf deskriptif berdasarkan media rata-rata hasil penilaiannya adalah cukup mampu. Penggunaan media gambar dapat membantu menunjang hasil belajar siswa dalam menulis paragraf deskriptif. Kemampuan menulis paragraf deskriptif berdasarkan media gambar siswa kelas VII B SMP Negeri 8 Kota Jambi ditinjau dari aspek kesesuaian tema dengan gambar dapat digolongkan pada kategori mampu dengan nilai 73,2, ditinjau dari aspek menciptakan daya khayal dapat digolongkan pada kategori cukup mampu dengan nilai 70, ditinjau dari aspek melibatkan kesan indra dapat digolongkan pada kategori cukup mampu denggan nilai 67,2 dan pada aspek menimbulkan kesan yang hidup dapat dikategorikan cukup mampu dengan nilai 69,2. Secara keseluruhan hasil penilaian diakumulasikan maka hasilnya adalah 69,9 dengan keterangan cukup mampu. Simpulan penelitian ini adalah kemampuan menulis paragraf deskriptif dengan media gambar siswa kelas VII B SMP Negeri 8 Kota Jambi tahun ajaran 2017/2018 dapat dikategorikan bahwa siswa cukup mampu dan penggunaan media gambar bisa digunakan dalam proses pembelajaran untuk menunjang hasil belajar siswa dala menulis paragraf deskriptif dan juga dapat membuat suasa belajar tidak terkesan monoton dan tidak terpaku pada buku teks pegangan guru saja. Berdasarkan hasil peneliti menyarankan kepada guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 8 Kota Jambi untuk dapat meningkatkan pemahaman terhadap menulis paragraf deskriptif salah satunya dalam kegiatan proses pembelajaran dapat memanfaatkan penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar salah satunya yang dapat digunakan adalah media gambar. Serta aspek-aspek dari kriteria paragraf deskriptif dapat digunakan sebagai pedoman hasil penilaian siswa.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | JANIASARI |
Date Deposited: | 02 Apr 2018 01:18 |
Last Modified: | 02 Apr 2018 01:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3939 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |