Hafsah, Khofifah Isnaini (2022) Analisis Tindak Tutur Direktif Antara Guru dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X IPS Di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
Skripsi full.pdf Restricted to Repository staff only Download (757kB) |
|
Image
cover skripsi.png Download (120kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (163kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (254kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (372kB) |
Abstract
Hafsah, Khofifah Isnaini. 2022. Analisis Tindak Tutur Direktif Antara Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X IPS DI SMA Negeri 1 Muaro Jambi :Suatu Kajian Pragmatik. Skripsi. Jambi :Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi Kata Kunci : Bahasa, Tindak Tutur, Tindak Tutur Direktif Penelitian ini membahas tentang jenis-jenis dan makna pragmatik tindak tutur direktif guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar kelas X IPS di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis-jenis tindak tutur direktif dan makna tindak tutur direktif guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar kelas X IPS di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendapatkan deskripsi objektif tentang tuturan guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian iniyaitu, teknik simak, teknik rekam, dan teknik catat. Dalam penelitian ini ditemukan berbagai jenis dan makna tindaktutur direktif guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar kelas X IPS di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Jenis-jenis tindak tutur direktif yang ditemukan yakni, tindak tutur direktif permintaan, tindak tutur direktif perintah, tindak tutur direktif pertanyaan,tindak tutur direktif larangan, tindak tutur direktif nasihat, dan tindak tutur direktif pemberian izin. Dilihat dari data yang telah dikumpulkan jenis tindak tutur direktif yang paling dominan muncul adalah tindak tutur direktif perintah dan tindak tutur pertanyaan. Adapun makna yang ditemukan dalam tuturan baik secara langsung maupuntidaklangsungyakni, mengartikan tuturan yang ada sehingga prnutur dan mitra tutur dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan lancar. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa, untuk memahami maksud dari suatu tuturan, baik penutur maupun mitra tutur harus mampu memahami kontekssituasi tuturan yang mendasari tuturan tersebut. Dengan demikian, komunikasiyang terjadi antara penutur dan mitra tuturakan dikatakan berhasil dan tidak menimbulkan kesalahand alam penafsiran maksud tuturan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa, Tindak Tutur, Tindak Tutur Direktif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | HAFSAH |
Date Deposited: | 19 Sep 2022 06:55 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 06:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39422 |
Actions (login required)
View Item |