Astuti, Yuli (2022) Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Dasar I Berbasis STEM Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Gesekan. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan, Pengesahan.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI YULI ASTUTI (A1C318011).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Astuti,Yuli.2022.Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Dasar I Berbasis STEM Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Gesekan: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Nehru,S.Si.,M.T., (II) Dian Pertiwi Rasmi,S,Pd.,M.pd, (III) CycinRiantoni,S.Pd.,M.Pd Kata Kunci: Penuntun Praktikum Fisika Dasar I, STEM, Inkuiri Terbimbing, Gesekan. Penuntun praktikum merupakan suatu pedoman pembelajaran yang digunakan untuk mempermudah dalam menemukan langkah-langkah dalam kegiatan praktikum. Materi perkuliahan fisika dasar I yang digunakan adalah materi gesekan. Penuntun praktikum fisika dasar I yang dikembangkan telah berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dengan menggunakan model inkuiri terbimbimbing. Sehingga penuntun praktikum yang digunakan dapat meningkatkan kemampuan dalam pemecahan masalah mahasiswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat hasil produk akhir dan persepsi asisten laboratorium serta mahasiswa terhadap Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Dasar I Berbasis STEM Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing pada materi gesekan. Penelitian ini berjenis Research and Development (R&D) dengan model yang digunakan ialah model ADDIE. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, angket persepsi asisten laboratorium dan angket persepsi mahasiswa. Data kuantitatif dianalisis menggunkan statistik deskriptif. Penuntun praktikum yang telah dikembangkan kemudian disebarkan lewat link google from dan secara langsung. Penuntun praktikum ini telah divalidasi dengan beberapa kali revisi sehingga mendapatkan hasil valid skor dengan rata-rata 3,5 dan 3,73 untuk ahli media dengan kategori sangat baik. Untuk ahli materi mendapatkan hasil rata-rata 3,5 dan 3,56 dengan kategori sangat baik. Hasil angket persepsi asisten laboratorium mendapatkan rata-rata 3,26 dengan kategori Sangat Setuju dan untuk angket persepsi mahasiswa mendapatkan rata-rata 3,11 dengan kategori Sangat Setuju. Penuntun yang dikembangkan memiliki kelebihan diantaranya telah dilengkapi dengan pendekatan STEM dan juga model Inkuiri terbimbing. Dengan mengacu pada hasil yaang telah didapatkan dapat disimpulkan bahwa penuntun praktikum fisika dasar I berbasis STEM menggunakan model inkuiri terbimbing pada materi gesekan telah dapat diujicobakan pada tahap kelompok kecil. Adapun saran dari peniliti terkait penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan yaitu agar dapat diselesaikan sampai pada tahap evaluasi dan dapat melakukan penyebaran produk kesasaran yang lebih besar. Astuti, Yuli. 2022. Development of STEM-Based Basic Physics Practicum Guide Using Guided Inquiry Model on Frictional Material: Thesis, Department of Mathematics and Natural Sciences Education. FKIP Jambi University, Supervisor: (I) Nehru, S.Si., M.T., (II) Dian Pertiwi Rasmi, S, Pd., M.pd, (III) Cycin Riantoni, S.Pd., M.Pd Keywords: Basic Physics Practicum Guide I, STEM, Guided Inquiry, Friction. The practical guide is a learning guide that is used to make it easier to find the steps in practical activities. The basic physics course material I used is friction material. The basic physics practicum guide I developed was based on STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) using a guided inquiry model. So that the practical guide used can improve students' problem solving abilities. This study aims to see the results of the final product and the perceptions of laboratory assistants and students on the Development of a STEM-Based Basic Physics Practicum Guide Using a Guided Inquiry Model on friction material. This research is a Research and Development (R&D) type with the model used is the ADDIE model. The instruments used in this study were media expert validation sheets, material expert validation sheets, laboratory assistant perception questionnaires and student perception questionnaires. Quantitative data were analyzed using descriptive statistics. The practicum guide that has been developed is then distributed via the google from link and directly. This practicum guide has been validated with several revisions so that it gets valid scores with an average of 3.5 and 3.73 for media experts in the very good category. For material experts, the average results are 3.5 and 3.56 in the very good category. The results of the laboratory assistant's perception questionnaire got an average of 3.26 in the Strongly Agree category and for the student perception questionnaire an average of 3.11 with the Strongly Agree category. The developed guide has advantages including being equipped with a STEM approach and also a guided inquiry model. By referring to the results that have been obtained, it can be concluded that the STEM-based basic physics practicum guide using a guided inquiry model on friction material has been able to be tested at the small group stage. The suggestions from researchers related to research and development that have been carried out are so that they can be completed up to the evaluation stage and can carry out a larger distribution of targeted products.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Practicum Guide, STEM, Guided Inquiry, Friction |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Astuti |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 03:36 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 05:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39432 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |