Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Dasar II Berbasis STEM Menggunakan Model Discovery Learning Materi Pemantulan Cahaya

Afrianty, Nini (2022) Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Dasar II Berbasis STEM Menggunakan Model Discovery Learning Materi Pemantulan Cahaya. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (102kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PENGESAHAN.pdf

Download (230kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Afrianty, Nini. 2022. Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Dasar II Berbasis STEM Menggunakan Model Discovery Learning Materi Pemantulan Cahaya: Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Nehru, S. Si., M. T., (II) Dian Pertiwi Rasmi, S. Pd., M.Pd., (III) Cycin Riyantoni,S. Pd., M. Pd., Kata kunci: penuntun praktikum, fisika dasar II, discovery learning, pemantulan cahaya Salah satu upaya untuk dapat meningkatkan mutu Pendidikan dapat dilakukan melalui pengembangan materi ajar berupa penuntun praktikum berbasis STEM. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa penuntun praktikum Fisika Dasar II berbasis STEM menggunakan model discovery learning materi pemantulan cahaya, mengetahui hasil pengembangan dari penuntun serta mengetahui persepsi asisten laboratorium dan persepsi mahasiswa terhadap penuntun praktikum yang dikembangakan. Penelitian jenis Research & Development ini menggunakan model ADDIE dengan tahapan Analysis, Design, dan Development. Subjek uji coba pada penelitian pengembangan ini yaitu uji coba kelompok kecil pada asisten laboratorium dan mahasiswa kelas reguler B Angkatan 2021 pendidikan fisika di Universitas Jambi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif deskriptif serta instrumen yang digunakan terdiri dari lembar validasi dan angket persepsi. Hasil akhir validasi materi diperoleh rata-rata 3,89 dan 3,44 dari kedua validator dalam kategori sangat baik. Sedangkan hasil akhir validasi media diperoleh rata-rata 3,76 dan 3,8 dari kedua validator juga dalam kategori sangat baik. Setelah dilakukan validasi ahli, maka dilakukan uji coba kelompok kecil dengan menyebarkan angket persepsi. Hasilnya mendapat skor 83% dalam kategori sangat setuju dari persepsi asisten laboratorium dan 79% dalam kategori sangat setuju dari persepsi mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penuntun praktikum Fisika Dasar II berbasis STEM menggunakan model discovery learning materi pemantulan cahaya yang telah dikembangkan sangat setuju untuk di uji coba pada kelompok kecil. Namun untuk mengetahui efektivitas produk masih perlu dilakukan tindak lanjut dan dilanjutkan dengan uji coba dalam cakupan yang lebih besar. Afrianty, Nini. 2022. Development of STEM-Based Basic Physics Practicum Guide Using the Discovery Learning Model Light Reflection Material: Thesis, Department of Physics Education, FKIP Jambi University, Supervisor: (I) Nehru, S. Si., MT, (II) Dian Pertiwi Rasmi, S Pd., M.Pd., (III) Cycin Riyantoni, S. Pd., M. Pd., Keywords: practical guide, basic physics II, discovery learning, light reflection One of the efforts to improve the quality of education can be done through the development of teaching materials in the form of a STEM-based practicum guide. This study aims to produce a product in the form of a STEM-based Basic Physics II practicum guide using a discovery learning of light reflecting material, knowing the results of the development of the guide and knowing the perceptions of laboratory assistants and students' perceptions of the developed practicum guides. type of Research & Development research uses the ADDIE model stages Analysis, Design, and Development. The test subjects in this development research were small group trials on laboratory assistants and regular class B students for the 2021 class of physics education at Jambi University. The type of data used in this study is descriptive quantitative data and the instruments used consist of validation sheets and perception questionnaires. The final results of material validation obtained an average of 3.89 and 3.44 from both validators in the very good category. While the final results of media validation obtained an average of 3.76 and 3.8 from the two validators also in the very good category. After expert validation, a small group trial was conducted by distributing a perception questionnaire. The result got a score of 83% in the category of strongly agree with the perception of laboratory assistants and 79% in the category of strongly agree with the perceptions of students. Based on the results of the study, it can be concluded that the STEM-based Basic Physics II practicum guide using the discovery learning of light reflecting material that has been developed strongly agrees to be tested in small groups. However, to determine the effectiveness of the product, it is still necessary to follow up and continue with trials in a larger scope.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Practical Guide, Basic Physics II, Discovery Learning, Light Reflection
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: AFRIANTY
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:36
Last Modified: 15 Sep 2022 05:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39433

Actions (login required)

View Item View Item