Karisma, KARISMA (2022) PENGARUH TINGKAT STRESS DAN KEJENUHAN BELAJAR DIMASA PANDEMI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS JAMBI ANGKATAN 2019-2020. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
KARISMA-A1A118051.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya stress dan kejenuhan belajar yang dialami mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2019-2020 dilihat dari observasi awal yang saya lakukan dengan cara menyebarkan angket kepada mahasiswa dengan beberapa pertanyaan yang saya cantumkan di angket penelitian yaitu 55,3% mahasiswa mengalami stres dan 64,2% mengalami kejenuhan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh antara tingkat stress dan kejenuhan belajar terhadap prestasi akademik dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10%. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Jambi angkatan 2019-2020.Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan pengumpulan data menggunakan google formulir. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan program bantuan SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh positif antara tingkat stress terhadap prestasi akademik ini dapat dibuktikan dengan nilai signifikian 0,074 < 0,05 dan nilai koefisien regresi variabel tingkat stress sebesar -0,226 bertanda negatif serta nilai thiung < ttabel yaitu -1,825 < 1,999; tidak terdapat pengaruh positif antara kejenuhan belajar terhadap prestasi akademik ini dapat dibuktikan dengan nilai signifikian 0,080 < 0,05 dan nilai koefisien regresi variabel tingkat stress sebesar -0,222 bertanda negatif serta nilai thiung < ttabel yaitu -1,799 < 1,999; variabel tingkat stress dan kejenuhan belajar secara simultan berpengaruh terhadap prestasi akademik ini dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel atau 4,528 > 3,15 dan hasil koefisien detereminasi (R2) sebesar 0,129 yang artinya 12,9%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel tingkat stress dan kejenuhan belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Jambi angkatan 2019-2020. Penelitian ini menyarankan agar mahasiwa dapat mengatasi tingkat stress dan kejenuhan belajar agar prestasi akademik dapat ditingkatkan dan untuk peneliti selanjutnya untuk memperluas sampel serta menggunakan variabel lain yang tidak dimasukkan peneliti dalam penelitian.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tingkat Stress, Kejenuhan Belajar, Prestasi Akademik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | KARISMA |
Date Deposited: | 19 Sep 2022 04:38 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 04:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39499 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |