PENGARUH HEDONIC MOTIVES DAN UTILITARIAN VALUE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2016 FKIP UNIVERSITAS JAMBI

MAHMUDAH, SRI PENGARUH HEDONIC MOTIVES DAN UTILITARIAN VALUE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2016 FKIP UNIVERSITAS JAMBI. PENGARUH HEDONIC MOTIVES DAN UTILITARIAN VALUE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2016 FKIP UNIVERSITAS JAMBI. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (179kB)

Abstract

ABSTRAK Mahmudah, Sri. 2018. Pengaruh Hedonic Motive Dan Utilitarian Value Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dr. Hj. Farida Kohar, MP (II) Siti Syuhada, S.Pd, ME. Kata Kunci : hedonic motives, utilitarian value, perilaku konsumtif. Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa pada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2016 FKIP Universitas Jambi adalah hedonic motives dan utilitarian value. Kemudahan dan kesenangan dalam melakukan pembelian dikalangan remaja terutama mahasiswa membuatnya selalu melakukan pembelian barang yang sebenarnya kurang dibutuhkan, Hal ini menimbulkan perilaku konsumtif dalam melakukan pembelian. Dorongan dan rasa senang yang ditimbulkan oleh hedonic motives memicu konsumen untuk lebih selektif memilih dan mempertimbangkan manfaat dan tingkat kepuasan yang akan didapatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh hedonic motives terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pada mahasiswa, 2) untuk menetahui pengaruh utilitarian value terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pada mahasiswa, 3) untuk mengetahui pengaruh Hedonic Motives dan Utilitarian Value terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 FKIP Universitas jambi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa regular mandiri angkatan 2016 prodi pendidikan ekonomi FKIP Universitas Jambi. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket. Data diperoleh dengan menyebar angket kepada mahasiswa angkatan 2016 FKIP Universitas Jambi. data dianalisis dengan menggunakan Program SPSS release 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh signifikan hedonic motives terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 FKIP Universitas jambi. dengan nilai signifikasi 0,052>0,05, ada pengaruh signifikansi utilitarian value terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 FKIP Universitas jambi dengan nilai signifikasi 0,000<0,05, ada pengaruh tidak signifikansi hedonic motives dan adanya pengaruh signifikan utilitarian value terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 FKIP Universitas jambi dengan nilai f hitung 10,464 > f tabel 3,24 pada signifikansi 0,000, serta hasil koefisien determinasi sebesar 0,374 atau 37,4%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan harapan kedepannya adalah penelitian ini berguna sebagai bahan informasi dan masukan bagi civitas akademik FKIP prodi pendidikan ekonomi. dan penelitian ini diharapkan bisa menjadi berguna bagi peneliti selanjutnya.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: SRI MAHMUDAH
Date Deposited: 02 Apr 2018 01:18
Last Modified: 02 Apr 2018 01:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3951

Actions (login required)

View Item View Item