Lolita, Nola (2022) Implementasi Media Komik Momentum dan Impuls Berbasis Cerita Rakyat Panglima Syawal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Negeri 2 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (334kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (331kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Lolita, Nola. 2022. Implementasi Media Komik Momentum dan Impuls Berbasis Cerita Rakyat Panglima Syawal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Negeri 2 Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Haerul Pathoni, S.Pd., M.PFis (II) Alrizal, S.Pd., M.Si Kata Kunci: Fisika, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih jauh dari KKM di kelas X MIA 2 MA Negeri 2 Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media komik berbasis cerita rakyat pada pembelajaran fisika materi momentum dan impuls. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk melihat hasil belajar siswa melalui tiga tahapan yaitu siklus I, Siklus II dan Siklus III. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ialah siswa kelas X MIA 2 MAN 2 Kota Jambi dengan jumlah siswa adalah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan tes tertulis. Teknik analisis data kuantitatif dengan menghitung nilai rata-rata dan menghitung persentase ketuntasan siswa. Sedangkan teknik analisis data kualitatif dilakukan dengan mendeskripsikan kegiatan selama proses pembelajaran fisika. Hasil penelitian menunjukan persentase ketuntasan hasil belajar siswa, bahwa pada siklus I jumlah siswa yang mencapai nilai KKM sebesar 47,22%, pada siklus II mengalami peningkatan dan mencapai 66,67% dan pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 83,33%. Jumlah siswa yang mencapai nilai KKM telah mencapai indikator pada siklus III dengan ketetapan indikator keberhasilannya ≥ 75%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media komik momentum dan impuls berbasis cerita rakyat panglima syawal mampu meningkatkan hasil belajar siswa dikelas X MA Negeri 2 Kota Jambi. Untuk lebih meningkatkan pembelajaran fisika, guru dapat menggunakan komik sebagai media alternatif komik dalam proses pembelajaran fisika. Lolita, Nola. 2022. Implementation of Momentum and Impulse Comic Media Based on Panglima Syawal Folklore to Improve Student Learning Outcomes of Class X MA Negeri 2 Jambi City. Thesis, Department of Physics Education, FKIP Jambi University, Supervisor: (I) Haerul Pathoni, S.Pd., M.PFis (II) Alrizal, S.Pd., M.Si Key words: Physics, Classroom Action Research, Learning Outcomes. This research is motivated by the learning outcomes of students who are still far from the KKM in class X MIA 2 MA Negeri 2 Jambi City. This study aims to improve student learning outcomes by using folklore-based comics in physics learning on momentum and impulse materials. This research includes Classroom Action Research (CAR) to see student learning outcomes through three stages, namely Cycle I, Cycle II and Cycle III. Each cycle consists of four stages, namely planning, implementation, observation and reflection. The subjects in the study were students of class X MIA 2 MAN 2 Jambi City with a total of 36 students. Data collection techniques using interviews and written tests. Quantitative data analysis techniques by calculating the average value and calculating the percentage of students' completeness. While the qualitative data analysis technique was carried out by describing the activities during the physics learning process. The results showed that the percentage of completeness of student learning outcomes, that in the first cycle the number of students who achieved the KKM score was 47.22%, in the second cycle it increased and reached 66.67% and in the third cycle it increased to 83.33%. The number of students who achieved the KKM score had reached the indicator in cycle III with a success indicator stipulation of 75%. It can be concluded that by using momentum and impulse comics media based on the folklore of Panglima Syawal, it can improve student learning outcomes in class X MA Negeri 2 Jambi City. To further improve physics learning, teachers can use comics as an alternative medium for comics in the physics learning process.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Physics, Classroom Action Research, Learning Outcomes |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | LOLITA |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 07:10 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 07:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/39522 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |